fbpx

Nur Supriyanto Usulkan Pertemuan Tiga Gubernur Bahas Penanganan Banjir

BEKASIMEDIA.COM – Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Nur Supriyanto meninjau beberapa lokasi terdampak banjir di Kota dan Kabupaten Bekasi. Ia menyatakan, tanggap darurat bencana banjir diupayakan sampai benar-benar tuntas dan sampai sekarang ini pun tim rescue dan relawan, masih berada di lapangan.

Mengenai penanganan banjir ini, Nur Supriyanto meminta pimpinan daerah dari tiga wilayah bisa saling terintegrasi.

“Penanganannya harus terintegrasi. Saran saya, untuk mengatasi banjir ini harus bertemu 3 gubernur. Gubernur Jabar, DKI dan Banten. Harus direncanakan secara masif untuk penganggulangan banjir dan presiden bisa menunjuk satu menteri sebagai koordinator. Pendanaan juga harus fleksibel karena penanganan banjir nggak bisa di satu wilayah saja,” ujar Nur Supriyanto, Ahad (5/1/2020) kepada bekasimedia.com

Setelah itu, kata Nur, instruksi ini di-sounding ke masing-masing wilayah setelah dimenej oleh 3 gubernur.

“Bupati dan wali kota saat keluarkan IMB harus konsisten berpegang ke tata ruang wilayah. Jika tidak layak maka jangan diberikan izinnya,” jelasnya.

“Jadi konsideran dengan itu tata ruang wilayah kan kita kendalikan dari provinsi, nah itu jangan dilanggar,” imbuhnya.

Selanjutnya, yang ketiga, kata Nur terkait budaya masyarakat menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Membuang sampah sembarangan juga harus dilarang oleh pemerintah daerah.

“Jadi menurut saya tiga hal itu, terutama koordinasi 3 gubernur, kedua, konsisten dengan tata ruang wilayah dan ketiga, harus ada perubahan budaya inshaallah itu akan selesai,” pungkasnya. (denis)

%d blogger menyukai ini: