fbpx

Nge-Trip ke Alun-alun Surya Kencana, Bukan Liburan “Kaleng-kaleng”

BEKASIMEDIA.COM – Jalan-jalan bareng keluarga ke alun-alun adalah hal yang lumrah. Menikmati suasana pagi sambil berolahraga atau menikmati senja di alun-alun kota bersama orang tercinta juga sudah biasa. Tetapi, akan berbeda cerita jika ngetrip alias jalan-jalannya ke alun-alun Surya Kencana. Mengapa?

Alun-alun Surya Kencana merupakan sebuah area luas di ketinggian 2750 MDPL yang berlokasi di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Alun-alun ini berada di tiga kabupaten sekaligus, lho, yakni Bogor, Cianjur dan Sukabumi, Jawa Barat.

Untuk mengakses alun-alun ini, sobat harus menempuh perjalanan mendaki dulu. Jika sobat mendaki via Gunung Putri, maka waktu tempuh diperkiraan 5-8 jam. Jika lewat rute Cibodas diperkiraan memakan waktu tempuh 10-12 jam.

Saat mendaki via Gunung Putri demi alasan “biar hemat waktu”, sobat akan melewati perkebunan milik warga lalu akan melewati jalan setapak menanjak di tengah rimbunnya hutan dan akar-akar pohon yang menjalar.

Sepanjang jalur, Sobat akan melewati beberapa pos, hingga tiba di Alun-alun Surya Kencana, area yang berada tak jauh dari kawasan puncak Gunung Gede.

Jangan khawatir kelaparan, Sob. Karena di setiap pos, ada warung. Hanya, harga makanan dan minuman yang dijajakan memang mahal, ya. Ya itung-itung menghargai perjuangan pedagang yang mendaki juga, sih.

Area alun-alun Surya Kencana kurang lebih 50 hektar. Area ini biasanya menjadi lokasi nge-camp para pendaki, sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak Gunung Gede.

Area luas ini juga tidak polos berupa tanah lapang saja. Surya Kencana dikelilingi barisan bukit-bulit hijau nan cantik. Area ini juga merupakan surganya tanaman edelweis yang bisa menjadi spot foto terbaik bagi sobat pencinta fotografi.

Namun sayangnya, di mana ada aktivitas manusia, di situ pasti ada sampah. Jadi jangan heran jika di sudut-sudut masih didapati banyak sampah plastik botol bekas air mineral, plastik bekas makanan ringan hingga tisu. Sobat yang mau mendaki pastikan membawa trash bag dan jangan lupa bawa kembali sampah-sampahnya turun ya, karena gunung bukan tempat sampah.

Oke kembali lagi bahas alun-alun. Meskipun namanya alun-alun, dan terik sinar matahari terasa dekat ke ubun-ubun, jangan salah, Sobat, anginnya dingin luar biasa. Maklum, kan di ketinggian. 2750 meter, lho dari permukaan laut.

Jadi, sebelum ngetrip ke Surya Kencana, pastikan alat kelengkapan mendakinya, ya, Sob. Apalagi jaket. Berburu keindahan alam memang bagus, tapi alangkah lebih elok lagi jika keselamatan diri menjadi hal utama yang diperhatikan. Perhatikan juga kondisi cuaca, karena jalan setapak menanjak akan sulit dilalui saat turun hujan.

Oh ya, untuk mengakses alun-alun ini, Sobat bisa mulai mendaki via Gunung Putri, Salabintana atau Cibodas. Beberapa hari sebelum mendaki, daftar dulu ya di Balai TNGGP-nya di Cibodas, agar nama-nama para pendaki tercatat. Siapkan juga surat keterangan sehat dan daftar barang bawaan yang menghasilkan sampah.

Sobat bisa membawa kendaraan sendiri atau pun menyewa angkutan umum menuju titik pertama tempat pendakian. Tenang, ada tempat penitipan untuk kendaraan kok, di sana.

Jadi, sudah terbayang kondisi alun-alun Surya Kencana?
Atau ada rencana liburan lain yang akan dilakukan di akhir pekan?
So, apa pun itu, selamat berlibur!

(anr)

Be the first to comment on "Nge-Trip ke Alun-alun Surya Kencana, Bukan Liburan “Kaleng-kaleng”"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: