fbpx

Unik! Masjid di Cirebon ini Punya Fasilitas Lengkap untuk Musafir

masjid unik di cirebon

BEKASIMEDIA.COM – Masjid merupakan tempat beribadah umat Islam. Idealnya bisa juga menjadi tempat berlindung bagi muslim yang sedang menempuh perjalanan jauh. Namun terkadang, ada sebagian pengurus masjid yang melarang musafir untuk menginap di rumah Allah ini.

Larangan itu muncul karena pengurus masjid takut perlengkapan dan peralatan masjid dicuri oleh maling berkedok musafir. Padalah fungsi masjid sebetulnya tidak hanya untuk sholat saja.

Mayoritas ulama berpendapat, boleh tidur di masjid bagi orang yang butuh untuk istirahat atau orang miskin yang tidak memiliki tempat tinggal.

Pernah mendengar kisah Ahlus Sufah yang termaktub dalam hadist yang diriwayatkan Abu Hurairah?

Ahlus sufah adalah para sahabat yang datang dari luar kota Madinah, dan mereka tidak memiliki tempat tinggal di Madinah. Oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dibuatkan atap di salah satu sudut masjid untuk tempat tinggal mereka. Jumlah mereka bisa mencapai 70 orang. Kadang kurang karena balik ke daerahnya, atau tambah. Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, menceritakan,

Aku bertemu dengan 70 ashabus sufah. Tidak ada seorangpun yang memakai kain penutup badan bagian atas. (HR. Bukhari)

Ibnu Taimiyah menjelaskan dalam Mukhtashar al-Fatawa al-Mishriyah, 1/56) mengenai hadist tersebut, para ahlus sufah yang tidur di sudut masjid, mereka tinggal di Madinah hanya sementara. Setelah pertemuan mereka dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dirasa cukup, mereka pulang ke daerahnya.

Artinya boleh tidur di masjid bagi orang yang membutuhkan, yang tidak memiliki tempat tinggal, namun bersifat kadang-kadang (sementara). Adapun menjadikan masjid sebagai tempat tinggal, tidur malam dan siang di sana, maka hukumnya dilarang.

Beberapa masjid di Indonesia ada yang ramah terhadap musafir, salah satunya Masjid Al Barokah di Cirebon, Jawa Barat ini.

Masjid ini memiliki fasilitas yang unik dan menarik untuk para musafir.

Masjid yang terletak di Jalan Sukalila Cirebon ini memiliki fasilitas berupa 5 unit AC yang menyala hampir 24 jam penuh.

Di dalam masjid ini ada juga fasilitas dispenser lengkap dengan kopi dan susu yang dipajang di dalam masjid. Ada juga gula dan teh untuk para musafir. Minuman ini disediakan gratis untuk mereka yang membutuhkan.

Menariknya, masjid ini juga menyediakan fasilitas bantal dan alas tidur untuk orang beristirahat. Fasiitas yang tentunya tidak biasa di masjid-masjid yang pernah sobat Bekasimedia singgahi.

Selain alas tidur, Masjid ini juga menyediakan fasilitas kamar mandi lengkap dengan sabun dan sampo untuk para pengunjung membersihkan diri.

Luar biasanya, masjid ini juga menyediakan peci dan minyak wangi cuma-cuma agar para musafir rapih dan harum.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi masjid ini?

(ham)

Be the first to comment on "Unik! Masjid di Cirebon ini Punya Fasilitas Lengkap untuk Musafir"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: