fbpx

Rona Bahagia Anak-anak Pemulung Bintara Jaya Bersama Universitas Mercu Buana Bekasi

BEKASIMEDIA.COM – Sabtu, 6 Juli 2019 – Antusias serta rona bahagia terlihat dari wajah anak-anak pemulung Sekolah Kami yang bertempat di Kawasan Pemulung – Bintara Jaya, Bekasi. Anak-anak ini setiap harinya membantu kedua orangtua untuk mengais rezeki dari satu tempat pembuangan sampah terpadu ke tempat yang lainnya.

Tim Relation (Respect, Social, Creative, dan Education) merupakan mahasiswa dari Universitas Mercu Buana Kampus D, Fakultas Ilmu Komunikasi, Jurusan Broadcasting dan Public Relations 2019. Pada kesempatan yang telah diberikan tersebut, mahasiswa/i menggelar aksi peduli dengan sesama yang bertema “Bina Kreatif, Karakter, Sehat, serta Pentas Seni dan Kreatif.

Pentas Seni dan Kreatif adalah bagian dari puncak acara, dikelola sedemikian rupa oleh mahasiswa/i Mahasiswa Universitas Mercu Buana kampus D, Fakultas Ilmu Komunikasi, Jurusan Broadcasting dan Public Relations 2019 dengan harapan bukan hanya sekadar memberikan hiburan, namun juga edukasi serta pengalaman khususnya dalam menggali keahlian anak-anak Kawasan Pemulung – Bintara Jaya, Bekasi di bidangnya masing-masing.

Tim Relation yang merupakan kepanjangan dari Respect, Social, Creative, dan Education ini ingin memberikan contoh nyata kepada orang-orang di sekitar maupun masyarakat luas agar memiliki rasa empati, “action” untuk tidak tanggung-tanggung dalam merealisasikan kepedulian terhadap orang-orang kurang mampu terutama anak-anak pemulung yang sangat membutuhkan pendidikan layak tanpa memikirkan mahalnya biaya yang harus dikeluarkan.

Pada puncak acara ini, mahasiswa/i UMB turut serta mengundang Lurah, RT, RW, para donator, dan ibu-ibu PKK untuk dapat melihat langsung kegiatan yang dilaksanakan di Sekolah Kami, Bintara Jaya – Bekasi. Mahasiswa/i Universitas Mercu Buana berharap semua pihak berkepentingan tersebut memahami dan peduli atas kondisi warga mereka yang sangat membutuhkan bantuan untuk kehidupan yang lebih layak dari segi ekonomi dan edukasi terkait pekerjaan, kesehatan, pendidikan, dsb.

Keceriaan anak-anak kawasan pemulung dari awal sampai akhir acara memberikan energi positif tersendiri bagi mahasiswa/i Universitas Mercu Buana Bekasi. Beberapa dari mereka memberanikan diri untuk bernyanyi dan memainkan gitar dalam memeriahkan acara puncak.

Edukasi berupa tanya jawab antara MC dengan anak-anak, pertunjukan sulap yang diisi oleh relawan bernama Dr. Kelvin Wilbent, dan games joget balon di kening yang dilakukan per masing-masing tim terdiri dari dua anak yang diiringi lantunan musik sangat menambah kemeriahan atas kesederhanaan acara yang mahasiswa/I UMB buat.

Di pertemuan sebelumnya pun Universitas Mercu Buana Bekasi melaksanakan kegiatan “Bina Karakter dan Kreatif” yang diselenggarakan bertujuan untuk membangun karakter dengan mengedukasi mengenai nilai-nilai akhlak, moral, budi pekerti yang harus dipahami dengan baik dan benar serta memberikan kesempatan anak-anak kawasan pemulung di Sekolah Kami, Bintara Jaya agar berani dalam mengembangkan bakat seni, seperti membaca puisi sesuai tema yang sudah ditentukan maupun membuat video blog (vlog).

Setiap kegiatan, mahasiswa program studi Broadcasting dan PR berusaha memberikan pengarahan sebaik mungkin dengan mempraktikkan apa yang sudah dipelajari dan didapatkan selama memperoleh pendidikan di UMB.

Tatiana, Staf guru dari Sekolah Kami, selalu memberikan arahan kepada anak-anak Kawasan Pemulung yang mengenyam pendidikan dari bangku SD hingga SMP. Beliau juga turut aktif berkoordinasi dengan tim humas UMB Jurusan Broadcasting dan PR 2019 demi setiap kelancaran acara yang dilaksanakan di Pendopo. Tak tanggung-tanggung, beliau berusaha mengumpulkan anak-anak tersebut dengan lengkap juga yang bertujuan mengedukasi mereka secara menyeluruh.

Sekolah Kami yang didirikan oleh Dokter Iriana ini sudah ada sejak beberapa tahun silam. Lokasi yang sangat berdekatan dengan kawasan pemulung menjadikan tempat mengenyam pendidkan bagi anak-anak di sana. Tidak hanya anak-anak kawasan pemulung yang diperbolehkan belajar, tetapi juga mereka yang membutuhkan sekalipun bukan dari bagian Kawasan Pemulung Bintara Jaya, Bekasi.

Di akhir kegiatan, anak-anak Sekolah Kami memberikan kejutan berupa penampilan istimewa yang diberikan untuk mahasiwa UMB Prodi Broadcast dan PR 2019 dengan bermain alat-alat musik tradisional. Torang merupakan seorang pelatih seni yang sangat berperan dalam kreativitas anak-anak pemulung di bidang seni.

Mereka turut mengajak mahahasiwa/i UMB bernyanyi bersama, tak lupa mereka memgajarkan menggunakan alat musik, seperti kolintang, angklung, talempong, slenthem, dll. Kegiatan aksi peduli ini juga dihadiri oleh Dosen Mata Kuliah Peduli Negeri Universitas Mercu Buana, Dr. Santa Lorita Simamora. Menurut Bu Santa, “Kontribusi tim KPN Mercu Buana Broadcasting dan PR 2019 mungkin terlihat kecil, tetapi dengan ketulusan hati, Insya Allah membawa manfaat besar bagi anak-anak pemulung dan anggota tim KPN itu sendiri”.

Acara yang dilakukan di pendopo Sekolah Kami memang terbilang sederhana, semua turut sibuk melancarkan kegiatan. Namun tidak sedikitpun mengurangi semangat mahasiswa/i UMB demi kelancaran setiap sesi kegiatan yang berjalan hingga akhir acara tiba. Pulung Berkah, selaku ketua dalam kegiatan yang dilakukan mahasiswa/i Universitas Mercu Buana dalam mata kuliah Peduli Negeri berharap uluran bantuan bukan hanya sesaat dan instan, akan tetapi bisa berkelanjutan agar para anak Kawasan Pemulung, Bintara Jaya – Bekasi tetap semangat bekerja dan menjalani hidup yang lebih baik ke depannya. ***

Be the first to comment on "Rona Bahagia Anak-anak Pemulung Bintara Jaya Bersama Universitas Mercu Buana Bekasi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: