fbpx

Satu Lustrum Berkiprah, GiGa Indonesia Inisiasi Pembentukan Dewan Nasional Ketahanan Keluarga

BEKASIMEDIA.COM – Ketahanan Negara dan Peradaban Bangsa Indonesia akan sangat ditentukan oleh ketahanan keluarga. Oleh sebab itu keluarga merupakan cermin kualitas Ketahanan Nasional.

Namun akhir-akhir ini ada semacam keraguan yang muncul di tengah masyarakat. Pertanyaan yang muncul bahkan cukup mengejutkan, seperti; “Apakah keluarga masih merupakan tempat yang nyaman dan aman?” atau “Masihkah keluarga diandalkan sebagai institusi pertama dan utama membangun manusia beradab? Masihkah keluarga diandalkan sebagai institusi pembangun masyarakat madani?”

Menjawab semua pertanyaan tersebut, Ketua Penggiat Keluarga (GiGa) Indonesia, Prof. Dr. Ir. Euis Sunarti, M.Si. dalam orasi ilmiah Gerakan Kebaikan Keluarga Indonesia (GKKI) di auditorium Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), jl. Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Ahad (23/6/2019) mencoba mengajak seluruh elemen masyarakat yang hadir agar mendukung pihaknya menginisiasi pembentukan Dewan Nasional Ketahanan Keluarga Indonesia dalam rangka mengawal bidang ketahanan dan pemberdayaan keluarga Indonesia.

Adapun alasan pihaknya menginisiasi pembentukan Dewan Nasional tersebut antara lain karena besarnya masalah dan tantangan yang dihadapi keluarga. Selain itu, pemerintah bertanggung jawab namun tidak akan mampu menangani seluruh upaya pembangunan keluarga. Ketiga, karena perlunya konsolidasi dan sinergitas masyarakat dengan membangun jejaring kerja dalam bentuk kelembagaan masyarakat.

Orasi yang digelar dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional Ke XXVI, Hari Anak Nasional dan Lustrum Pertama GiGa Indonesia ini dipersembahkan bagi anggota GiGa Indonesia yang berdedikasi dan berjuang bersama membangun keluarga Indonesia, tamu undangan dari lembaga terpilih yang bergerak bersama dalam Pembangunan Ketahanan Keluarga serta bagi para individu yang menunjukkan dedikasi, kontribusi dan komitmen melindungi Keluarga Indonesia.

Dalam konten orasi yang dibagi menjadi empat sesi selama kurang lebih selama 3 jam, Prof. Euis yang juga guru besar IPB Bidang Ketahanan dan Pemberdayaan Keluarga menyampakan beberapa hal mengenai adab, peradaban dan ketahanan keluarga, isu terkini yang melibatkan keluarga, kebijakan dan teori seputar keluarga, potret ancaman dan tantangan yang dihadapi keluarga Indonesia, potret keluarga Indonesia, bencana sosial dan bencana alam serta dampaknya terhadap kehidupan keluarga serta rekomendasi dan agenda GiGa Indonesia ke depan untuk mewujudkan pembangunan keluarga.

Euis berharap semua stakeholder di Indonesia berperan untuk mengabdikan diri demi terwujudnya ketahanan keluarga serta peradaban bangsa. (anr)

Be the first to comment on "Satu Lustrum Berkiprah, GiGa Indonesia Inisiasi Pembentukan Dewan Nasional Ketahanan Keluarga"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: