fbpx

Gelar Solat Ied, Yayasan Da’watuna Sampaikan Pesan “Sukses Ramadan dengan Takwa”

BEKASIMEDIA.COM – Bertempat di lapangan parkir Transmart Carrefour Kota Bekasi, Yayasan Da’watuna mengadakan Salat Idul Fitri, Rabu (5/6/2019) bertepatan dengan 1 Syawal 1440 H. Selepas pukul 05.30 WIB rangkaian acara Salat Idul Fitri dibuka dengan kumandang tahmid, takbir dan tahlil. Dilanjutkan laporan kegiatan dan keuangan dari pihak Yayasan Da’watuna.

Andhika Dwinanto selaku ketua pelaksana sholat Idul Fitri kali ini dalam sambutannya memberikan ucapan terima kasih kepada manajemen Transmart Carrefour Kota Harapan Indah yang sudah mendukung acara ini sejak lebih dari 10 tahun dan sudah memasuki generasi ketiga, “Kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin selama lebih dari 10 tahun ini, bahkan bisa dibilang saat ini sudah 3 generasi. Harapannya kegiatan ini masih terus berlanjut hingga masa yang akan datang,” ujar Andhika.

Tepat pukul 06.45 WIB, Abdul Hadi mengumandangkan ajakan untuk melaksanakan salat idul Fitri, salat idul Fitri kali ini diimami oleh Ustadz Faizal Rohman.

Setelah salat berlangsung dilanjutkan dengan khutbah idul Fitri yang dibawakan oleh Ustadz Zen Mutowali SH.
Dalam khutbahnya Ustadz Zen mengajak jama’ah untuk menjadikan Ramadan yang sudah tiga puluh hari dijalani dengan iman dan kesabaran sebagai sarana tarbiyah untuk mencapai ketakwaan. Beliau pun memaparkan ciri – ciri orang yang bertakwa sebagaimana yang sudah Allah SWT sampaikan di dalam surat Ali Imran ayat 134.

“Jama’ah shalat idul Fitri hafidhakumullah, jika standar capaian tertinggi adalah taqwa, maka tanda – tanda bahwa kita sukses melewati Ramadhan pun tak lepas dari ciri-ciri orang bertakwa. Lantas apa saja ciri-ciri orang yang bertaqwa? Salah satu ayatnya terdapat dalam surat Ali Imran ayat 134,” tukas Ustadz Zen.

Ustadz Zen kemudian menjelaskan lebih dalam tentang tiga ciri orang-orang yang bertaqwa. Ciri yang pertama gemar menyedekahkan sebagian hartanya dalam kondisi senang ataupun sulit secara terus-menerus.

Ciri yang kedua dari orang yang bertakwa adalah mampu menahan amarah, umat Islam harus mampu mengontrol emosinya sebaik mungkin. Mencegah amarah menguasai dirinya, dan bersikap secara wajar kepada orang yang pernah membuatnya marah, berusaha lapang dada dan sejuk meskipun hati sedang panas karena amarah.

Pesan Ustadz Zen terakhir dari ciri orang yang bertakwa adalah memaafkan kesalahan orang lain. “Amatlah arif ulama – ulama di tanah air yang menciptakan tradisi bersilaturahim dan saling memaafkan di momen lebaran seperti hari ini. Sempurnalah, ketika kita usai membersihkan diri dari dosa dan kesalahan kepada Allah SWT, selanjutnya kita saling memaafkan kesalahan sesama manusia.” lanjutnya.

Di akhir khutbah beliau menutup dengan do’a agar para jama’ah diberikan keistiqomahan untuk melanjutkan amal ibadah di bulan Ramadan di sebelas bulan berikutnya.

Akhirnya rangkaian salat Idul Fitri berakhir dengan saling bersalaman antar jamaah. Lebih dari 300 orang jamaah kembali ke kediaman masing-masing tanpa meninggalkan sampah koran bekas di sekitar lapangan parkir Carrefour kota Harapan Indah. Di sekitar area pihak Polres Medan Satria juga turut membantu panitia untuk mengatur lalulintas dan menjaga keamanan dan ketertiban. (cj/jp)

Be the first to comment on "Gelar Solat Ied, Yayasan Da’watuna Sampaikan Pesan “Sukses Ramadan dengan Takwa”"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: