fbpx

Koperasi Syariah Pesantren Entrepreneur, Bangkitkan Ekonomi Umat

BEKASIMEDIA.COM – Salah satu koperasi syariah yang ada di Kota Bekasi adalah Koperasi Syariah Pesantren Entrepreneur atau disebut juga KoSPE. Koperasi syariah yang memiliki slogan ‘Bangkitkan Ekonomi Umat’ ini belum lama mengadakan acara RAT ke 7 (Rapat Anggota Tahunan) Tahun Buku 2018 dengan Tema Peran dan kontribusi Koperasi Syariah Pesantren Entrepreneur dalam membangun Bangsa Indonesia yang adil dan sejahtera, pada hari Sabtu, (18/5/2019) di Hotel Santika Megacity Hyper Mall Bekasi.

Kospe merupakan koperasi yang bergerak dibidang serba usaha dengan badan hukum koperasi : No.30/BH/Indigop/V/2012 dan NIK : 3275070060001, bertempat di Kota Bekasi tepatnya di Graha Pesantren Entrepreneur, Rukan Ruby, Blok TD 21. Summarecon Bekasi.

Visi terbesar KosPE adalah menjadi Koperasi Syariah yang terpercaya dan terdepan dalam memberdayakan perekonomian ummat dengan nilai yang ikhlas dan semangat kebersamaan yang kokoh. Sedangkan Misi terbesar KoSPE adalah memberantas KPR (Kemiskinan, Permurtadan, dan Riba); menyebarkan produk-produk halal berkualitas dari UMKM agar mereka semakin maju; mewujudkan 1.000 Pesantren Penghafal AlQuran di seluruh Indonesia, menguasai pasar, menguasai modal dan menguasai lahan di Indonesia.

Untuk menyinergikan Visi dan Misi besar tersebut, KoSPE akan meluncurkan beberapa produk layanan kepada anggotanya, d iantaranya SIJI (Simpanan Haji), SIROH (Simpanan Umrah), SIDIK (Simpanan Pendidikan), SAQU (Simpanan Aqiqah dan Qurban), SAUM (Simpanan Amanah Ummat), SIWAQ (Simpanan Wisata Qurani), dan SIMPRO (Simpanan Produktif). Semua produk tersebut dapat diakses dan dikendalikan oleh seluruh anggota dalam genggaman melalui sistem yang bisa diunduh melalui playstore yang bernama KOSPE INDONESIA, yang baru saja di-launching.

Unit bisnis yang sedang dijalankan dan dikembangkan oleh KoSPE adalah HalalMart HNI (salah satu unit bisnis yang menjual produk herba, makanan dan minumam kesehatan, consumer goods, dll), SENJA (Sedekah Nanam Jabon, Program kepemilikan tanah secara syariah dengan bonus pohon jabon dengan konsep bagi hasil saat panen dan juga membantu program pembinaan pesantren penghafal AlQuran di seluruh Indonesia), KEBUN BUAH PRODUKTIF (Kepemilikan tanah secara syariah dengan bonus pohon durian dan hasil panen diserahkan seluruhnya kepada mitra serta membantu program pembinaan pesantren penghafal AlQuran diseluruh Indonesia), serta jasa renovasi dan pembangunan rumah, ruko atau bangunan dengan bonus gratis design.

KoSPE juga membantu pengembangan dan pendidikan berbasis pesantren, dengan beberapa pesantren binaan KoSPE yaitu Pesantren Entrepreneur Miftahul Falah terletak di Cianjur yang menjadi Pilot Project dari 1.000 Pesantren Penghafal AlQuran, Pesantren Entrepreneur Daarul Huffazh di Sukabumi, Pesantren Entrepreneur Bani Hasyim di Sukabumi. KoSPE juga memberikan manfaat bagi anggota yang bergabung salah satunya memberdayakan masyarakat kecil dan menengah (UMKM).

Pada kesempatan acara RAT KoSPE ke 7 ini dihadiri oleh : Pristiyanto, SS., MM., MP selaku Kabid Literasi dan Pertumbuhan KSPPS dan USPPS Kementrian Koperasi dan UKM, Drs H. Abdillah Hamta, M.Si, selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM beserta jajaran Dinas Koperasi Kota Bekasi, Halimah Saadiyah, SH., M.Kn., selaku Notaris, H. Nur Buchori, SE., S.Pd., M.Si selaku Ketua Dewan Pengawas Syariah beserta jajaran Dewan Pengawas lainnya, Dewan Pengurus KoSPE serta anggota KoSPE.

H. Bagus Hernowo selaku Ketua KoSPE menjelaskan dengan hadirnya KoSPE, berharap dapat membangkitkan ekonomi ummat baik di Kota Bekasi hingga pelosok Nusantara.

“Karena, saat perekonomian digenggam oleh ummat Islam maka Insya Allah semakin banyak manfaat yang bisa diberikan kepada ummat, karena Islam adalah Rahmatan Lil Alamin. Aamiin Ya Robal Alamiin,” pungkasnya. (yd)

Be the first to comment on "Koperasi Syariah Pesantren Entrepreneur, Bangkitkan Ekonomi Umat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: