fbpx

RUHAMA Bersama PT Migas Hulu Jabar Adakan Pelayanan Kesehatan di Kebalen

BEKASIMEDIA.COM – Menjelang Ramadhan Bulan penuh dengan keberkahan yayasan RUHAMA Bekasi melaksanakan Program Bakti Sosial Layanan Kesehatan yang bertempat di wilayah Kebalen, Babelan, Kab. Bekasi. Program ini merupakan program kerja sama Antara yayasan RUHAMA dengan PT Migas Hulu Jabar, Program Yankes ini merupakan salah satu program CSR dari PT Migas Hulu Jabar.

Corporate Social Responsibilities adalah sebuah wujud kepedulian perusahaan kepada lingkungan sekitarnya. Corporate Social Responsibility (CSR) adalah komitmen perusahaan atau dunia bisnis untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab sosial.

Kewajiban perusahaan untuk menyelenggarakan Corporate Social Resposibilities tergolong baru, yaitu dengan diundangkannya UU No 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas CSR adalah sebuah pendekatan dimana perusahaan mengintegrasikan kepedulian sosial dalam operasi bisnis mereka dan dalam interaksi mereka dengan para pemangku kepentingan (stakeholders) berdasarkan prinsip kesukarelaan dan kemitraan.

Mengutip Laporan dari Times Indonesia, PT Migas Hulu Jabar (PT MUJ) yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov Jawa Barat, sukses meraup laba bersih sebesar US$7,85 juta atau setara dengan Rp 112.332.407.000 dan mengalokasikan dividen sebesar US$2,49 juta atau sebesar 32,11 persen dari laba bersih di tahun buku 2018. Hal ini diketahui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2018 yang dilakukan pada Selasa 7 Mei 2019, di Hotel Aryaduta Bandung, Jawa Barat.Dari penggunaan Laba Bersih itu, RUPST menyetujui pencadangan untuk investasi pengembangan usaha, pembelian aset, serta Corporate Social Responsibility (CSR).

Perkembangan dan kemajuan PT Migas Hulu Jabar dari sisi bisnis ternyata sangat mempedulikan program- program CSR yang berkaitan berkonsentrasi pada kegiatan, social, kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Melalui mitra- mitranya di daerah beragam kegiatan CSR serentak pada bulan april telah dilaksanakan salah satunya adalah Program Bakti Sosial Layanan Kesehatan, program ini merupakan Kerja sama Antara Yayasan RUHAMA Bekasi dengan PT hulu Migas Jabar pada hari ahad tanggal 28 April yang bertempat DI SDIT Haniya, kebalen- Babelan, Kab. Bekasi.

Hadir dalam Program Yankes atau Layanan kesehatan ini adalah Bapak Syukron direktur keuangan PT Hulu Migas Jabar dan tim. Dalam paparannya saat membuka acara Layanan Kesehatan Bapak Syukron menekankan bahwa program yankes tersebut adalah salah satu bentuk kepedulian PT Migas Hulu Jabar terhadap peningkatan level kesehatan masyarakat yang menjadi objek program intervensi social kami.

Kesehatan merupakan investasi penting dalam pembangunan suatu bangsa. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan pada faktor-faktor penunjang sektor kesehatan. Seperti pemerataan dan peningkatan jumlah tenaga kesehatan, fasilitas kesehatan, jaminan kesehatan, serta layanan yang diberikan. Berdasarkan teori Indeks Pembangunan Manusia, salah satu faktor yang mempengaruhi pembangunan manusia adalah faktor kesehatan. Bangsa dengan taraf kesehatan masyarakatnya yang baik tentunya lebih mampu untuk menggerakkan sektor perekonomian. Berbagai cara telah dilakukan untuk meningkatkan layanan kesehatan masyarakat, Karena masalah kesehatan tidak hanya menjadi perhatian pemerintah saja, melainkan oleh lembaga non pemerintah terutama lembaga Corporate Social Responsibility (CSR).

Selain dari Tim Hulu Migas jabar, hadir pula anggota DPRD Provinsi Jawa Barat yaitu Dr. H. Abdul Jabar Majid Yang merupakan partner kerja PT Migas Hulu Jabar. Dalam Sambutannya Dr. H. Abdul Jabar Majid memapaarkan bahwa PT Migas Hulu Jabar adalah salah satu lembaga yang peduli terhadap peningkatan tingkat kesehatan masyarakat terutama dilingkungan operasionalnya yaitu Provinsi Jawa Barat, beliau berharap sinergi Antara sektor privat / pelaku usaha dan NGO (lembaga Sipil) harus diperkuat dengan program –program seperti ini untuk mempercepat terwujudnya civil society, dan akhirnya eksistensi perusahaan pun terasa wujud kepeduliannya di masyarakat.

Sementara itu, Bapak Kamaludin Ketua Yayasan Rumah Mitra Masyarakat Madani (RUHAMA) mengutarakan bahwa Secara garis besar, warga kebalen memelukan support layanan kesehatan dan ekonomi yang memadai untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Secara demografi pemuda dengan usia produktif berada pada posisi yang besar, hal ini merupakan bonus demografi yang apabila tidak dikelola dengan baik akan menjadi bencana demografi, kita memerlukan program kerja sama yang berkelanjutan untuk kedepannya” paparnya.

Antusiame masyarakat dalam menyambut pelayanan kesehatan gratis ini terlihat dari banyaknya warga yang rela antri untuk mendapatkan pemeriksaan sekaligus pengobatan. Sejak pagi mereka sudah hadir dan tenang untuk menunggu namanya dipanggil. Tanpa memandang gender, puluhan warga Kebalen hadir untuk memeriksa kesehatannya.

“Saya sambut dengan baik, antusiasme masyarakat juga bagus. Apabila itu dilakukan maka lebih baik, apa itu tiga bulan sekali atau sebulan sekali itu lebih” tutur Bapak Sapta yang merupakan peserta Yankes PT Migas Hulu Jabar dan Ruhama yang dilaksanakan menjelang Ramadhan, dengan tajuk “Peduli Sesama Raih Keberkahan Ramadhan”

Be the first to comment on "RUHAMA Bersama PT Migas Hulu Jabar Adakan Pelayanan Kesehatan di Kebalen"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: