fbpx

Inspirasi Keluarga Quran, Gugah Semangat Para Peserta Khataman LTQ Iqro

BEKASIMEDIA.COM – Lembaga Tahfidz Qur’an Iqro Pondok Gede menggelar kegiatan Khataman Qur’an selama tiga hari sejak Jumat hingga Ahad (26-28 April 2019). Khataman ini tidak hanya berisi kegiatan membaca dan mendengarkan bacaan Al-Quran tetapi ada talkshow serta ceramah seputar inspirasi Al-Quran.

Dalam gelaran Talkshow Keluarga Quran bertema “Al-Quran Sebagai Kekuatan Bersama di dalam Keluarga” hadir Direktur LTQ Iqro, Ustadzah Ummi Rif’ah beserta suami dan tiga putranya memberi inspirasi dan motivasi kepada ratusan peserta khataman.

Dalam penyampaian materi inspirasi Keluarga Quran, Ummi Rif’ah menyatakan Al-Quran adalah kebutuhan pokok umat Islam. Oleh karena itu sejak anak-anaknya kecil, sambil mengerjakan kegiatan rumah seperti memasak, mencuci piring dan pakaian, kegiatan membaca dan menghafal Qur’an bersama anak-anak sebisa mungkin tidak pernah ditinggalkan.

“Dari awal menikah sudah punya obsesi bahwa sebelum TK, anak-anak, harus bisa huruf hijaiyah. Maksimal umur 3 tahun itu huruf hijaiyah sudah nggak terbalik-terbalik. Karena Rasul bilang, Al Ummu madrasatul Ula. Ibu adalah sekolah Pertama bagi anak-anak,” kata Ummi Rif’ah.

Jadi, kata Ummi Rif’ah, dirinya sekeluarga harus meyakini semua bahwa Al-Quran adalah prioritas. Meskipun sang suami berlatar belakang pendidikan komputer tapi keduanya saling mendukung menciptakan nuansa Qurani di rumah.

“Yang butuh Al-Quran berapa anak? Saya katakan lima-limanya butuh,” tegasnya.

Oleh karena itu, kelima anaknya kini semua menjadi penghafal Quran. Bahkan sudah menyelesaikan hafalan 30 juz Al-Quran sejak usia remaja meskipun minat dan bakat masing-masing anak berbeda.

Kepada peserta khataman, Ummi Rif’ah menyatakan bahwa mempelajari dan menghafal Al-Quran itu menjadi sesuatu yang berharga karena di sana ada pengisi bagi nikmatnya waktu luang seseorang.

“Ayat-ayat Quran langsung berbicara dengan Kita. Kontrol untuk kehidupan manusia. Bagaimana kemudian Al-Quran menginternal di dalam diri. Jadi
Tidak terpisah antara yang kita baca (Al-Quran) dan yang kita pikirkan,” pungkasnya. *

Be the first to comment on "Inspirasi Keluarga Quran, Gugah Semangat Para Peserta Khataman LTQ Iqro"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: