fbpx

Peringati Hari Autisme Sedunia, Begini Saran bagi Pemerintah dan Masyarakat

hari autisme

BEKASIMEDIA.COM – Berdasarkan resolusi Majelis Umum PBB telah ditetapkan bahwa setiap tanggal 2 April dunia memperingatinya sebagai Hari Peduli Autisme.
Saat ini fenomena yang tidak bisa dianggap remeh adalah bahwa semakin meningkatnya penyandang autisme di dunia secara umum dan di Indonesia secara khusus.

“Ini menandakan bahwa Indonesia sudah seharusnya memikirkan secara serius langkah-langkah kuratif dan rehabilitatif (bila belum mampu untuk melakukan preventif) dalam menangani sekaligus merangkul para penyandang autisme yang ada di masyarakat. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat standarisasi penanganan serta memberikan kemudahan akses untuk mendapatkan pendidikan gratis dan juga lapangan pekerjaan bagi penyandang autisme dewasa,” ujar Direktur Rumah Autis Cagar Foundation, Ismunawaroh, Selasa (2/4/2019).

Rumah Autis sejak 2004 mencoba mengambil peran dalam memberikan akses terapi terjangkau bahkan gratis untuk membantu penyandang autis dari keluarga kurang mampu. Saat ini siswa-siswa penyandang autis dan anak berkebutuhan khusus lainnya mendapatkan layanan pendidikan sekolah khusus di 7 cabang Rumah Autis yang tersebar di wilayah JABODETABEK dan Karawang. Mereka mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang di harapkan dapat berguna bagi kehidupan mereka kelak setelah tidak di Rumah Autis lagi.

“Pada momen Hari Peduli Autis Dunia 2019 ini, Rumah Autis mengajak semua lapisan masyarakat untuk peduli, menerima dan memberi kesempatan kepada para penyandang autisme ini untuk bisa mencapai potensi terbaik mereka,” katanya.

Peduli, kata Isty, bukan sekadar kata tapi aksi nyata kita untuk dapat menerima dan memberi kesempatan bermain, bersekolah dan berkarya untuk para penyandang autisme ini di manapun mereka berada, di bumi Indonesia dan dunia.

“Hargai mereka dengan ikut mendukung hasil karya dan kreativitas mereka yang tanpa batas,” Pungkasnya. (*)

Be the first to comment on "Peringati Hari Autisme Sedunia, Begini Saran bagi Pemerintah dan Masyarakat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: