fbpx

Kak Dimas: Membangun Kekuatan Hubungan Ayah dengan Anak itu Juga Nafkah

BEKASIMEDIA.COM – Pendongeng nasional Dimas Haribowo menyatakan tujuan dari training parenting untuk para ayah kali ini adalah bagaimana menjadikan ayah sebagai sosok yang dirindukan oleh anak anaknya. Hal itu ia katakan usai memberikan pelatihan parenting di SDIT Mentari Ilmu, Karawang, Jawa Barat.

“Intinya Apa yang saya sampaikan tadi adalah, bagaimana membuat ayah menjadi sosok yang dirindukan anak anak. Dengan bercerita menciptakan suasana agar tidak canggung,” terangnya kepada bekasimedia.com, Sabtu (23/3/2019)

Menurut Kak Dimas sapaan akrab anak anak, mendongeng itu bercerita dan itu kegiatan menyenangkan. Dari situ bisa memberikan pesan efektif ke anak anak.

“Sebenarnya cerita itu nasihat. Memberi nasihat dengan cara berbeda.
Sering kali ortu lebih senang menasihati dengan kata instruksi.
Padahal anak anak tidak suka dengan kalimat instruksi,” imbuhnya.

Luar biasanya, nilai nilai moral dari cerita tertanam di dalam bawah sadar mereka (anak anak). Banyak manfaat yang didapat, kecerdasaan emotional (afektif) dan spiritual. Walaupun cerita juga bisa membangun kecerdasaan psikomotorik dan kognitif, tetapi sisi afektif itu yang jadi fokus sensitivitas mereka.

Dimas mengingatkan terutama kepada orangtua (ayah) bahwa nafkah ayah itu bukan uang, tapi mencerdaskan mereka, mendidik mereka, membangun kekuatan hubungan, Itu juga nafkah.
Semoga ayah sadar lebih dekat dengan buah hati membuat institusi keluarga kuat. (dns)

Be the first to comment on "Kak Dimas: Membangun Kekuatan Hubungan Ayah dengan Anak itu Juga Nafkah"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: