fbpx

Jelang UN, Siswa Butuh Pelatihan Motivasi Yang Menyenangkan

BEKASIMEDIA.COM – Menjelang ujian nasional biasanya para siswa SMA/SMK menghadapi tekanan ganda. Mereka harus lulus dengan yang baik, setelah itu mereka harus berkompetisi masuk perguruan tinggi atau memulai dunia kerja. Yayasan FOCUS (For Community and Useful Solution) mengadakan pelatihan motivasi khusus pelajar kelas XII se-Kota Bekasi untuk memantapkan mental siswa.

Acara yang berlangsung di Aula SMK Karya Guna Bhakti (KGB) 2 Bekasi itu bertajuk “Motivation Training for UN” (MTfUN). Sebuah perhatian bagi pelajar yang akan melaksanakan ujian nasional pada bulan Maret-April mendatang.

Pelatihan menghadirkan trainer hipnoterapis favorit lapangan muda, Ir. H. Asep Arwin Kotsara, M.Eng. “Kami ingin menumbuhkan sikap positif kepada adik-adik pelajar, bahwa mereka bisa menghadapi tantangan seberat apapun,” ujar Kak Asep, sesuai tema “Sukses UN, Sukses Kerja, Sukses Masa Depan”.

Pelatihan menarik itu berhasil menggaet kehadiran peserta sebanyak 160 orang pelajar. Peserta yang adalah perwakilan dari sekolah-sekolah yang ada di Kota Bekasi, khususnya di regional Bekasi Timur. Mereka mengikuti kegiatan ini tanpa dipungut biaya. Selama acara berlangsung, peserta tampak sangat bersemangat.

Selain menjalani pelatihan hipnoterapi, peserta juga mendapat wawasan tentang dunia kerja di era industri 4.0 dengan narasumber Bambang Purwanto, yang bekerja pada perusahaan otomotif terkemuka di Indonesia. Ia berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang dunia kerja bagi lulusan pelajar SMA/SMK. “Kondisi terkini demografi angkatan kerja di Indonesia menunjukkan tantangan dan peluang tersendiri di era digital. Karena itu, pelajar harus bisa menggali keahlian dan peluang yang sesuai agar bisa bersaing di mass kini dan nanti,” jelas Bambang.

Acara juga diramaikan dengan aksi wish list, yaitu penulisan harapan para peserta selepas mengikuti pelatihan ini. Selain itu, panitia juga memfasilitasi pengisian feedback lewat aplikasi Google Form. Hasilnya, hampir 100% peserta senang dan memberikan kesan positif terhadap acara dan berharap adanya rutinitas tahunan.

Salah seorang guru SMK KGB2, Muhammad Alko, menyampaikan sangat senang anak didiknya bisa ikut merasakan manfaat acara ini. “Anak-anak sangat antusias ikut acara ini. Semoga pelatihan ini membuat prestasi mereka semakin baik di sekolah,” imbuhnya. Direktur Utama Yayasan Fokus, Gena Bijaksana, berkomitmen untuk terus memberikan kegiatan-kegiatan yang edukatif, inspiratif, dan kreatif bagi pelajar.

Pemerhati pendidikan Sapto Waluyo menyatakan penguatan motivasi dibutuhkan siswa tak hanya di Bekasi, melainkan juga di Depok dan kota-kota besar lainnya. “Pelajar kelas terakhir Di SMA/SMK harus dibebaskan dari tekanan psikologis yang berlapis, apalagi di kota besar. Mereka perlu mandiri dan memandang proses belajar atau bekerja sebagai tantangan yang menggairahkan,” ungkap Sapto, Dosen STT Nurul Fikri. Selain mengajar, Sapto juga menjadi Pembina di Rumah Kepemimpinan yang telah mencetak kader wirausahawan muda nasional. [*/eas]

Be the first to comment on "Jelang UN, Siswa Butuh Pelatihan Motivasi Yang Menyenangkan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*