fbpx

Bawaslu: Ketidaksolidan PPK Bekasi Timur Membahayakan Kelangsungan Pemilu

BEKASIMEDIA.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bekasi menyatakan pihaknya melihat ada persoalan kurangnya soliditas Panitia Pemilhan Kecamatan (PPK) Bekasi Timur menyusul adanya dugaan pelanggaran oleh oknum PPK yang bermain mata dengan peserta pemilu legislatif.

“Kalau sudah tidak solid bahaya untuk kelangsungan pemilu. Kita melihat potensi kerawanan kalau tidak dilakukan perombakan,” ujar Ketua Divisi Pengawasan Bawaslu Kota Bekasi Ali Mahyail kepada awak media di kantor Bawaslu Kota Bekasi, Perum Jakasampurna, Bekasi Barat Jum ‘at (11/1/2019).

Ali Mahyail mengomentari persoalan soliditas internal PPK yang akan berpengaruh terhadap kredibilitas dan integritas peyelenggara pemilihan umum.

“Kita melihat kasus ini dapat mengganggu soliditas PPK Bekasi Timur. Kerja PPK ini kan kerja tim, kerja kelompok artinya berlima ini harus kompak harus solid dan saling mendukung. Yang kita lihat dan amati, mereka tidak solid dan saling menjatuhkan,” terangnya.

Hal ini, kata Ali, akan berpengaruh terhadap kinerja PPK. Pihaknya akan mempelajari ini dan mengatakan sedang dilakukan evaluasi oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Bekasi Timur apakah nantinya perlu diambil tindakan lebih lanjut atau tidak.

“Saya sendiri berpandangan kalau memang sudah tidak solid harus dilakukan reposisi. Soalnya ini kan pemilu pertama yang akan coblos 5 gambar,” imbuhnya.

“PPK yang tidak ada konflik saja kesulitan apalagi kalau ada konflik. Maka saya sendiri berpandangan mereka yang berkonflik direposisi atau cut off. Yang berkonflik diganti orang baru yang tidak berkonflik sehingga mereka kembali solid dan bisa kembali menyelenggarakan agenda agenda PPK,” tegasnya.

Ditanya apakah mereka yang berkonflik tersebut apakah orang orang yang berpengalaman sebelumnya dalam penyelenggaraan Pemilu, Bawaslu mengatakan iya namun syarat berpengalaman saja tidak cukup.

“Mereka memang berpengalaman tapi tidak cukup hanya pengalaman, mereka harus solid.”

Pilihannya menurut Ali, lebih baik yang solid namun tidak berpengalaman karena masih bisa dibina dengan Bimtek agar mereka mengerti.

Terakhir, Ali mengatakan masih menunggu hasil investigasi yang dilakukan Panwascam Bekasi Timur.

“Kalau memang Panwascam merasa perlu kita keluarkan rekomendasi, kita keluarkan. Kalau mereka meminta kita ikut periksa, kita periksa,” pungkasnya. (dns)

Be the first to comment on "Bawaslu: Ketidaksolidan PPK Bekasi Timur Membahayakan Kelangsungan Pemilu"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*