fbpx

Drainase Vertikal, Solusi Anies Baswedan Untuk Mengurangi Banjir

drainase vertikal

BEKASIMEDIA.COM – Drainase Vertikal menjadi solusi yang ditawarkan Gubernur DKI Jakarta untuk mengurangi banjir. Menurutnya masalah banjir Jakarta harus dibereskan dari hulu hingga hilir.

“Bila kita bicara hulu maka ada dua, hulu yang di atas Jakarta seperti Bogor dan hulu yang ada di atas rumah kita. Di hulu Bogor kita bisa membangun bendungan, lalu bagaimana dengan hulu yang ada di atas rumah kita?” Hal ini diungkapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di akun facebooknya, Kamis (27/12/2018) pagi.

Menurutnya saat ini, drainase yang ada memakai pola horizontal. Dimana limpasan air hujan dari atap dan air dari Bogor masuk ke saluran dan sungai yang dibeton, dialirkan secepatnya ke laut tanpa sempat terserap ke dalam tanah, hanya 13% yang terserap ke tanah.

“Sementara setiap tahun pada musim kemarau banyak area di Jakarta yang mengalami krisis air bersih. Tanpa disadari Kita selama ini telah menyia-nyiakan air hujan yang bisa menjadi cadangan air bersih,” katanya.
Gubernur yang pada awalnya hanya diusung oleh PKS dan Gerindra ini mengatakan Pemprov DKI telah memulai program pengelolaan air hujan yang diberi nama drainase vertikal.

“Agar air hujan dapat ditampung, meresap ke dalam tanah dan mengurangi limpasan air dari rumah ke saluran air dan sungai (zero run off),” imbuhnya.

Dengan sistem ini dapat mengurangi volume air di saluran/ sungai sekaligus menjadi tabungan, cadangan air tanah di Jakarta. Hingga saat ini Pemprov DKI telah membuat drainase vertikal di 6500 titik yang tersebar di berbagai wilayah Jakarta. Hal ini masih jauh dari cukup karena idealnya kota sebesar Jakarta membutuhkan sekitar 1,8 juta drainase vertikal.

Anies Baswedan mengajak warganya untuk membuat sendiri drainase vertikal di rumahnya masing-masing. Selain di Jakarta, model drainase vertikal seperti ini cocok pula dibuat di kota-kota besar lainnya, seperti wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Bagaimana caranya? Simak video berikut.

Be the first to comment on "Drainase Vertikal, Solusi Anies Baswedan Untuk Mengurangi Banjir"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: