BEKASIMEDIA.COM

Menu

Mode Gelap
Soal Kisruh Data PKH Ini Penjelasan, Anggota DPRD Enie Widhiastuti Ketua Fraksi PKS Kota Bekasi Terkait TKK Minta Pemkot Lakukan Langkah Ini Bawaslu Kota Bekasi Ingatkan di Masa Sosialisasi Para Caleg dan Partai Pahami Aturan yang Berlaku Islamic Book Fair 2023: Memperkenalkan Buku sebagai Pilar Peradaban Dishub Kota Bekasi Batasi Operasional Kendaraan Besar, Khusus Kendaraan Sumbu Tiga Keatas

Berita Terbaru · 19 Des 2018 WIB ·

KMD Kwarran Mustikajaya Ajang Kaderisasi Pembina Pramuka


 KMD Kwarran Mustikajaya Ajang Kaderisasi Pembina Pramuka Perbesar

BEKASIMEDIA.COM – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Mustikajaya Kota Bekasi menggelar kegiatan Kursus Pembina Pramuka mahir Tingkat Dasar (KMD), pada tanggal 17-22 Desember 2018. Untuk penyampaian materi selama tiga hari bertempat di SMPIT Bahana Mandiri dan tiga hari praktek penghayatan golongan di Bumi perkemahan Jatisari Jatiasih.

Kegiatan ini diikuti 53 orang pembina pramuka yang terdiri dari 19 orang pembina siaga, 30 orang pembina penggalang dan 4 orang pembina penegak.

Acara ini dibuka oleh wakil ketua bidang sarana dan prasarana Kwartir Cabang Kota Bekasi Prayitno Salim mewakili ketua Kwarcab Rahmat Effendi. Dalam sambutannya, ia menghimbau agar para pembina mengikuti KMD ini dengan baik dan hasilnya bisa diimplementasikan kepada anak didiknya. “Saya juga berharap ilmunya diserap dengan seksama karena giat praktek di lapangan tentu berbeda dengan giat teoritis di ruangan,” tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan tunggul latihan kepada pimpinan kursus.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas keterampilan pembina pramuka, menjalin persaudaraan antar pembina, memeratakan pendidikan pramuka di tiap-tiap gudep dan membentuk kader-kader generasi muda yang lebih berkarakter sesuai dengan tema kegiatan, “Mencetak Karakter Kader Pemimpin Bangsa”.

 

MATERI AJAR

Adapun materi KMD diantaranya adalah dinamika kelompok, orientasi kursus, fundamental gerakan pramuka (sejarah, organisasi, UU gerakan pramuka, AD/ART), prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan.

Selain itu peserta juga dibekali materi ragam kegiatan pramuka siaga, penggalang, penegak, syarat kecakapan umum (SKU), syarat kecakapan khusus (SKK), syarat kecakapan pramuka garuda (SKG), administrasi satuan, tekhnik penyusunan program latihan dan lainnya.

Akbal Yunus salah seorang pembina pramuka penggalang dari SDIT Insan Aulia berharap dengan mengikuti kursus ini bisa menambah pengetahuan kepramukaan dan meningkatkan pola pembinaan pada anak didik sesuai dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan (PDKMK).

“Selain itu lebih mengenal anggota pramuka lain yang aktif dan bisa diajak sharing tentang kepramukaan, baik di tingkat Kwarran Mustikajaya, Kwarcab kota Bekasi dan anggota pramuka secara keseluruhan” ungkap Akbal Yunus.

Lia Z.A

Artikel ini telah dibaca 34 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akan Digelar Di Taman Kota, Ketua Umum Qur’anic Relationship Ajak Pemuda Bekasi Mengaji

28 Maret 2024 - 23:54 WIB

Rian Nopandra kembali pimpin ketua PWI Banten periode 2024-2029

28 Maret 2024 - 08:52 WIB

Kecewa atas Pelaksanaan Pemilu 2024 yang Tidak Transparan DPRD Akan Panggil Ketua KPU dan Bawaslu

26 Maret 2024 - 17:54 WIB

Anis Byarwati Tegaskan Kerjasama Dengan Dewan Kota Jakarta Untuk Kemaslahatan Masyarakat

25 Maret 2024 - 15:54 WIB

Sodikin: Pemkot Bekasi Harus Berani Beli Lahan Untuk Pembangunan Gedung Sekolah Di Jatirahayu

24 Maret 2024 - 18:09 WIB

Pengamat Politik Unsoed Prediksi Partai Koalisi Pilpres yang Berseberangan Potensi Berkoalisi di Pilbup Banyumas

22 Maret 2024 - 05:37 WIB

Trending di Berita Terbaru