fbpx

KMD Kwarran Mustikajaya Ajang Kaderisasi Pembina Pramuka

MUSTIKAJAYA

BEKASIMEDIA.COM – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Mustikajaya Kota Bekasi menggelar kegiatan Kursus Pembina Pramuka mahir Tingkat Dasar (KMD), pada tanggal 17-22 Desember 2018. Untuk penyampaian materi selama tiga hari bertempat di SMPIT Bahana Mandiri dan tiga hari praktek penghayatan golongan di Bumi perkemahan Jatisari Jatiasih.

Kegiatan ini diikuti 53 orang pembina pramuka yang terdiri dari 19 orang pembina siaga, 30 orang pembina penggalang dan 4 orang pembina penegak.

Acara ini dibuka oleh wakil ketua bidang sarana dan prasarana Kwartir Cabang Kota Bekasi Prayitno Salim mewakili ketua Kwarcab Rahmat Effendi. Dalam sambutannya, ia menghimbau agar para pembina mengikuti KMD ini dengan baik dan hasilnya bisa diimplementasikan kepada anak didiknya. “Saya juga berharap ilmunya diserap dengan seksama karena giat praktek di lapangan tentu berbeda dengan giat teoritis di ruangan,” tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan tunggul latihan kepada pimpinan kursus.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas keterampilan pembina pramuka, menjalin persaudaraan antar pembina, memeratakan pendidikan pramuka di tiap-tiap gudep dan membentuk kader-kader generasi muda yang lebih berkarakter sesuai dengan tema kegiatan, “Mencetak Karakter Kader Pemimpin Bangsa”.

 

MATERI AJAR

Adapun materi KMD diantaranya adalah dinamika kelompok, orientasi kursus, fundamental gerakan pramuka (sejarah, organisasi, UU gerakan pramuka, AD/ART), prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan.

Selain itu peserta juga dibekali materi ragam kegiatan pramuka siaga, penggalang, penegak, syarat kecakapan umum (SKU), syarat kecakapan khusus (SKK), syarat kecakapan pramuka garuda (SKG), administrasi satuan, tekhnik penyusunan program latihan dan lainnya.

Akbal Yunus salah seorang pembina pramuka penggalang dari SDIT Insan Aulia berharap dengan mengikuti kursus ini bisa menambah pengetahuan kepramukaan dan meningkatkan pola pembinaan pada anak didik sesuai dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan (PDKMK).

“Selain itu lebih mengenal anggota pramuka lain yang aktif dan bisa diajak sharing tentang kepramukaan, baik di tingkat Kwarran Mustikajaya, Kwarcab kota Bekasi dan anggota pramuka secara keseluruhan” ungkap Akbal Yunus.

Lia Z.A

Be the first to comment on "KMD Kwarran Mustikajaya Ajang Kaderisasi Pembina Pramuka"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: