fbpx

DJP Kanwil Jabar II Gaet Media Sosialisasikan Kesadaran Membayar Pajak

BEKASIMEDIA.COM – Selasa (18/12/2018), Direktorat Jendral Pajak Kanwil DPJ Jawa Barat II mengadakan acara media gathering 2018 bersama media dengan tema “Bersama Media Membangun Kesadaran Pajak” di Gadog, Bogor. Acara ini dihadiri oleh wartawan berbagai media online dan cetak dari Kota Bekasi.

Acara diisi pemaparan materi oleh beberapa narasumber. Pembahasan meliputi sistem pajak dan hal-hal lainnya mengenai pajak.

Narasumber yang hadir antara lain Kepala Bidang Data dan Pengawasan Potensi Perpajakan, Witarto, Rina Lisnawati sebagai Kepala Bidang Pendaftaran Ekstensifikasi dan Penilaian juga Adelili dari kepala bidang pemeriksaan, penagihan, intelijen dan penyidikan.

Kepala Bidang Data dan Pengawasan Potensi Perpajakan, Witarto menyatakan bahwa media menjadi alasan utama untuk mensosialisasikan sistem-sistem dan startegi dari Direktorat Jendral Pajak Kanwil DPJ Jawa Barat II dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak.

Hal yang sama juga disampaikan Rina Lisnawati. “Kami mengajak para pegiat media untuk berkumpul dan membuat acara seperti ini, untuk meminta kepada media online maupun cetak mensosialisasikan dan memberitahu mengenai perpajakan kepada masyarakat yang mungkin belum mengetahui bagaimana sistem-sistem mengenai perpajakan,” jelasnya.

Selanjutanya Witarto juga menambahkan meskipun di negara ini mayoritas masyarakatnya belum semua membayar pajak dan bisa dikatakan kalah oleh negara-negara lain. Peningkatan pajak hanya berpusat pada satu, belum terpusatkan dengan pajak-pajak yang lain. “Jadi kalau dibilang tertinggal pun sebenarnya tidak juga kalau digabungkan dengan pajak-pajak yang lain kita juga bisa sebanding dengan negara-negara lain,” jelasnya.

Narasumber terakhir, Adelili dari kepala bidang pemeriksaan, penagihan, intelejen dan penyidikan menjelaskan bahwa dirinya ini bertugas untuk melaksanakan bimbingan teknis pemeriksaan dan penagihan pajak, “Jadi semisalnya ada masyarakat yang tidak membayar pajak dengan jumlah penghasilannya yang sebenarnya yang dia dapat maka saya atau tim saya melakukan penyidikan bagaimana dan tindakan apa yang akan kita ambil untuk menyelesaikannya dan kami juga melihat dari segi undang-undang yang berlaku,” jelasnya.

Sementara itu, kedua pihak dari media dan juga direktorat jendral pajak kanwil DPJ Jawa Barat II berharap dengan adanya acara seperti ini bisa terjalin hubungan yang baik satu sama lain.(cj/bla)

Be the first to comment on "DJP Kanwil Jabar II Gaet Media Sosialisasikan Kesadaran Membayar Pajak"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: