fbpx

SD Model Insan Madani Ikuti Kemah Ukhuwah Nasional IV SAKO Pramuka SIT

pramuka

BEKASIMEDIA.COM – SD Model Insan Madani Kecamatan Mustikajaya Kota Bekasi, berkesempatan mengikuti Kemah Ukhuwah Nasional IV Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) di Bumi Perkemahan Cibubur yang diselenggarakan pada tanggal 16-19 November 2018.

SD ini mengirimkan Pramuka Penggalang dari kelas V yang terdiri dari 1 regu putra dan 1 regu putri, didampingi para pembinanya yakni Muhammad Yusuf, Guling Ardiyanto, Rizka Alif Via dan Ratna Sari.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan karakter kemandirian, ketangguhan, keterampilan, jiwa kepemimpinan, semangat persaudaraan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang dalam bingkai nilai-nilai keislaman serta memiliki komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka (Tri Satya dan Dasa Dharma).

Acara yang dihadiri ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso diikuti lebih dari 14.000 pramuka Penggalang serta pramuka dari Malaysia dan Thailand ini mengusung tema, “Mandiri, Tangguh dan Persaudaraan.”

KESIAPAN PESERTA DIDIK

Menurut Rizka Alif Via, kesiapan peserta dari SD Model Insan Madani sudah terasah. Mereka biasa berlatih setiap hari Ahad selama dua bulan, sehingga selama mengikuti Kemnas anak-anak mampu mengikuti rangkaian acara dengan baik.

Dalam kegiatan ini, peserta bisa mengikuti beragam acara. Diantaranya Scout journalist, Iptek, expo, Baznas, Nusantara Legend (Dart game dan lempar pisau), scout Archery Indonesia, pentas seni budaya termasuk mengenalkan kuliner khas daerah masing-masing.

Untuk mengasah kepedulian terhadap sesama, para peserta mengumpulkan dana untuk korban gempa dan tsunami di Sigi, Donggala Palu. Aksi kemanusiaan ini dibalut dalam Konser Akbar yang menghadirkan Penyanyi religi Opick.

Kemah ini juga membiasakan peserta untuk sholat berjamaah, qiyamullail, membaca zikir Al Ma’tsurat, kultum dan khataman Al-Qur’an. Kegiatan ini dijadwalkan sesuai dengan salah satu misi Sako pramuka SIT yakni memiliki keimanan yang kokoh, ibadah yang benar dan amal yang baik.

Salah satu peserta Azka Faiha Amany menyampaikan kesannya selama mengikuti kegiatan ini. “Senang sekali bisa ikut Kemnas, karena bisa bertemu dengan teman-teman dari seluruh Nusantara, juga dari Thailand dan Malaysia. Acaranya mendidik, melatih kemandirian, menambah pengetahuan dan menjalin persaudaraan sesama pramuka IT”, jelasnya.

Lia Z.A
Foto: Rizka

Be the first to comment on "SD Model Insan Madani Ikuti Kemah Ukhuwah Nasional IV SAKO Pramuka SIT"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: