fbpx

Keren! Depok Kini Punya Pasar Tradisional yang Dilengkapi Lift dan IPAL

BEKASIMEDIA.COM – Kini pedagang dan pembeli bisa berjual beli lebih nyaman di Pasar Cisalak Kota Depok. Karena Pasar Cisalak yang berlokasi di Jalan Raya Bogor Kelurahan Cisalak Pasar Kecamatan Cimanggis tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas, antara lain: lift, klinik, tempat olah raga, masjid, tempat bermain anak, ruang kontrol dan berbagai fasilitas lainnya.

Untuk memastikan berbagai fasilitas tersebut berfungsi secara maksimal demi kenyamanan pera pedagang dan pengunjung Pasar Cisalak, Walikota Depok, Mohammad Idris didampingi Kepala Disdagin Depok Kania Parwati beserta pejabat terkait lainnya melakukan peninjauan pada Jumat (12/10/2018).

Sebelum melakukan peninjauan berbagai fasilitas Pasar Cisalak tersebut, Walikota memimpin apel pagi yang diikuti para petugas yang mengelola Pasar Cisalak tersebut.
Dalam kesempatan tersebut Walikota mengatakan, Pasar Cisalak dikelola secara profesional dan dilengkapi berbagai fasilitas sehingga bukan lagi menjadi pasar yang becek, bau yang selama ini identik dengan pasar tradisional atau pasar rakyat.

“Dengan berbagai fasilitas tersebut Pasar Cisalak ini menjadi tempat yang nyaman untuk berbelanja, nyaman bagi pedagang dan pembeli. Mari kita berbelanja di Pasar Cisalak, ini pasar kita bersama sebagai salah satu urat nadi perekonomian Kota Depok,” kata Walikota.

Hal senada dikatakan Kepala Disdagin Depok Kania Parwati yang menjelaskan, fasilitas Pasar Cisalak tidak kalah dengan pasar modern atau tidak kalah dengan pasar di luar negeri.

“Pasar Cisalak ini dilengkapi dengan tempat bermain anak, ini untuk mendukung Depok sebagai kota layak anak. Pasar Cisalak juga merupakan pasar yang bersih, nyaman dan sehat,” katanya.

Kenyamanan Pasar Cisalak tersebut sangat dirasakan oleh pengunjung, seperti yang dikatakan Sunarti, warga Kampung Tipar Cisalak Pasar yang sering berbelanja berbagai keperluan di Pasar Cisalak tersebut.

“Saat ini Pasar Cisalak jauh lebih nyaman dibandingkan dulu sebelum dibangun, tidak becek, tidak bau, tidak sumpek, saya menjadi lebih senang jika berbelanja di Pasar Cisalak ini sekarang,” kata Sunarti.

Kenyamanan tersebut juga dirasakan pedagang, seperti yang disampaikan oleh Masril, salah satu pedagang yang sudah sejak tahun 1995 berdagang perlengkapan bayi di Pasar Cisalak.

“Alhamdulillah setelah menempati kios baru ini lebih nyaman, pembeli tambah ramai,omset juga bertanmbah meski belum besar,” kata Masril bahagia.

Pasar Cisalak yang dibangun dengan konsep modern, dilengkapi dengan tempat ibadah dan lahan parkir yang mampu menampung banyak motor dan mobil. Pasar Cisalak juga menghadirkan fasilitas olahraga berupa lapangan futsal, voli, dan badminton. Tak hanya itu, di pasar ini juga terdapat klinik yang diperuntukan bagi para pedagang, sehingga jika ada yang sakit bisa langsung berobat.

Gedung baru Pasar Cisalak terdiri dari empat lantai yang dilengkapi dengan lift. Didalamnya terdapat sekitar 1300 los dan kios. Dilantai satu gedung dikhususkan untuk para pedagang sembako dan kebutuhan sehari-hari. Sementara di lantai dua dan tiga diperuntukan untuk pedagang pakaian, fashion, tas, sepatu, aksesoris dan kebutuhan sandang lainnya. Sedangkan lantai empat gedung, akan diperuntukkan bagi pedagang makanan dan minuman dengan konsep foodcourt.

Kelebihan lain yang disediakan di Pasar Cisalak adalah adanya fasilitas Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL). IPAL tersebut difungsikan untuk pengolahan air limbah bekas pencucian kegiatan perdagangan yang disimpan ke dalam tangki agar bisa diolah kembali menjadi air bersih.

Dengan konsep pembangunan modern melunturkan stigma suasana kumuh yang sering identik dengan pasar tradisional. (*/eas)

Be the first to comment on "Keren! Depok Kini Punya Pasar Tradisional yang Dilengkapi Lift dan IPAL"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*