fbpx

Kwarcab Kota Bekasi Ikuti KPN 2018 Di Lebakharjo Malang Jatim

BEKASIMEDIA.COM – Sebelas anggota pramuka dewasa dari Kwarcab Kota Bekasi yang terdiri dari 1 orang Waka Pusdiklatcab, 2 orang pelatih pembina, 8 pembina siaga, penggalang dan penegak telah mengikuti kegiatan Karang Pamitran Nasional (KPN) 2018 di desa Lebakharjo, kecamatan Ampel Gading kabupaten Malang Jawa Timur.

Kegiatan ini diadakan oleh Kwartir Nasional dari tanggal 13-19 Agustus 2018 dalam rangka memperingati hari pramuka ke-57 dan pelaksanaan program kerja Kwarnas.

Acara yang mengusung tema mendidik, membanggakan dan membahagiakan Indonesia ini bertujuan untuk menjalin persaudaraan, meningkatkan kualitas kepembinaan, menguatkan daya kreasi pembina pramuka, menguatkan jiwa bakti kepada masyarakat dan memutakhirkan perkembangan pendidikan kepramukaan.

Lili Sapari salah seorang peserta dari unsur pembina penegak kwarcab Kota Bekasi menyampaikan bahwa kegiatan KPN 2018 ini ibarat napak tilas semangat perjuangan dan bakti pramuka PW Aspac 1978 dan Comdeca 1993.

Hal ini sejalan dengan pemilihan Lebakharjo oleh panitia sebagai lokasi KPN yang merupakan desa penuh historis dan monumental bagi perkembangan pramuka di Indonesia bahkan dunia, karena desa ini pernah menjadi tempat Perkemahan Wirakarya Asia Pasifik tahun 1978 dan World Community Development Camp (Comdeca) tahun 1993 yang kegiatannya pada saat itu sangat berdampak positif bagi kehidupan masyarakat Lebakharjo sehingga desa ini berkembang dan maju serta dijuluki desa pramuka.

KPN ini merupakan kegiatan lima tahunan sebagai ajang bertemu dan berlatih para anggota pramuka dewasa se-Indonesia yang diikuti oleh peserta dari perwakilan kwarcab, 34 kwarda, gudep KBRI, eks peserta PW Asia Pasifik dan Comdeca.

H. Sukim selaku Waka pusdiklatcab Kota Bekasi berharap para pembina yang telah mengikuti KPN 2018 dapat meningkatkan kualitas kepembinaannya dan mampu mengaplikasikan apa yang didapat dari KPN dengan memperhatikan situasi dan kondisi serta memiliki semangat mengabdi sesuai dengan motto gerakan pramuka yakni “Satyaku Kudarmakan, Darmaku kubaktikan”

Lia Z.A

Be the first to comment on "Kwarcab Kota Bekasi Ikuti KPN 2018 Di Lebakharjo Malang Jatim"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: