Bawaslu RI Supervisi dan Evaluasi Hasil Pilkada Serentak 2018 di kota Bekasi

BEKASIMEDIA.COM – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi di Hotel Santika Mega Bekasi, Senin (20/8/2018) mengadakan Rapat Koordinasi Evaluasi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Walikota dan Wakil Walikota Bekasi Tahun 2018.

Ketua Bawaslu Kota Bekasi, Tommy Suswanto menyatakan hasil temuan dan proses penindakan Panwaslu Kota Bekasi pada Pilkada serentak 2018 kemarin akan menjadi parameter indeks kerawanan Pemilu bagi Bawaslu.

“Seberapa jauh hasil dari proses temuan yang ditindak oleh pengawas pemilu dan hal tersebut nantinya akan menjadi alat ukur atau indeks kerawanan pemilu dari proses penindakan yang masuk di Panwaslu,” ujarnya kepada awak media.

Lebih lanjut Tomy menambahkan indeks kerawanan pemilu itu akan menjadi cerminan bagaimana pemilu 2019 yang akan dihadapi melalui Bawaslu.

Ia juga menyatakan ada 16 kasus penindakan yang berhasil dieksekusi selama pemilihan wali kota Bekasi, sementara dalam Pilgub tidak ditemukan.

Selanjutnya, kata Tomy, saat ini ada giat dari Bawaslu RI yang ingin melihat seberapa jauh proses pemutakhiran data pemilih di Kota Bekasi serta seberapa jauh menginventarisir data pemilih baik yang akan menuju usia 17 tahun pada hari H pencoblosan, yang semuanya menjadi konsentrasi Bawaslu Kota Bekasi.

“Hari ini juga ada supervisi oleh Bawaslu RI dan tentunya ini akan menjadi template di tingkat Bawaslu RI ketika pleno DPT di KPU RI,” pungkasnya. (Dns)

Be the first to comment on "Bawaslu RI Supervisi dan Evaluasi Hasil Pilkada Serentak 2018 di kota Bekasi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*