fbpx

Diam-Diam Pemkot Bekasi Kembalikan Puluhan Miliar Kepada Negara

BEKASIMEDIA.COM – Sepanjang tahun 2015 sampai awal tahun 2017, Center for Budget Analysis (CBA) mencatat terdapat 73 kasus penyimpangan anggaran di tubuh Pemerintah Kota Bekasi. Adapun potensi kerugian Negara untuk 73 kasus penyimpangan ini ditaksir Rp 29,7 miliar lebih.

“Penyimpangan-penyimpangan yang terjadi mulai dari masalah sepele terkait urusan administrasi sampai dugaan permainan proyek. Untuk masalah-masalah sepele ini, Pemerintah Kota Bekasi selama tiga tahun ini diam-diam mengakui dan mencoba memperbaiki masalah penyimpangan yang terjadi,” ujar Jajang Nurjaman, Kooedinator Investigasi CBA, Rabu (25/7/2018).

Misalnya, kata Jajang dengan pengembalian kelebihan pembayaran berupa: gaji, salah penghitungan anggaran kegiatan, kelebihan pembayaran kepada pihak ketiga, serta bentuk penyimpangan lainnya. Terhitung dari upaya tersebut uang sebesar Rp 24,9 miliar telah dikembalikan kepada Negara.

“Langkah senyap dan diam-diam Pemerintah Kota Bekasi ini menurut Center for Budget Analysis (CBA) hanyalah bentuk formalitas, agar masalah bentuk penyimpangan yang lebih besar tidak terbongkar,” tambahnya.

Ada beberapa catatan terkait temuan penyimpangan Pemerintah Kota Bekasi berdasarkan data yang dihimpun CBA antara lain:

– Dalam penggunaan anggaran Kota Patriot ini, setiap tahunnya dipastikan ada uang negara yang hilang sebesar Rp 9,9 miliar. Sebagai catatan, potensi kehilangan atau kerugian ini berasal dari masalah-masalah sepele (terkait administrasi).

– Banyak kasus besar yang belum ditindaklanjuti penegak hukum, bahkan menguap dan hilang begitu saja seiring berjalannya waktu. Misalnya dugaan permainan proyek ratusan miliar terkait dana hibah dari DKI Jakarta. ***

Be the first to comment on "Diam-Diam Pemkot Bekasi Kembalikan Puluhan Miliar Kepada Negara"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: