Hot Topics

Peran Penting Manajemen Pendidikan

oleh Dr. Diyah Yuli Sugiarti
(Kaprodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana, Unisma, Bekasi)

Tak ada bidang yang tidak membutuhkan manajemen. Manajemen adalah serangkaian aktivitas yang melibatkan orang lain dalam pengelolaan organisasi/lembaga untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisiensi. Aktivitas manajemen ini telah merasuk ke setiap sendi kehidupan. Karena pada hakikatnya kehidupan itu terdiri dari unsur 1) aktivitas, 2) manusia dan 3) menuju tujuan, dan manejemen itu mengelola ketiga unsur tersebut.

Awalnya manajemen berkembang dalam bidang ekonomi. Keberhasilan manajemen dalam perannya mencapai tujuan yang efektif dan efisiensi telah membawa keberhasilan yang luar biasa dalam bisnis. Maka kemudian manajemen ditransformasi ke dalam bidang lain tak terkecuali pendidikan.

Manajemen pendidikan adalah proses perencanaan. Pengorganisasian, pelaksanaan, pengarahan dan pengontrolan dalam dunia pendidikan sehingga tujuan yang ditetapkan akan dapat tercapai secara efektif dan efisensi.
Saat ini langkah pendidikan Indonesia belum sepenuhnya memahami manajemen pendidikan.

Pengelolaan pendidikan yang tidak menerapkan manajemen sulit mencapai tujuan yang diharapkan. Bahkan muncul permasalahan dalam pengelolaan pendidikan. Sesungguhnya permasalahan Rendahnya mutu pendidikan yang saat di mata dunia akibat dari lemahnya manajemen pendidikan.

Sesungguhnya implementasi manajemen terhadap pengelolaan pendidikan menjadi hal yang sangat penting. Karena manajemen pendidikan akan mengarahkan efektivitas (ketepatan waktu) dan efisiensi (penghematan biaya) di segala aspek pendidikan yaitu: 1) kurikulum, 2) Peserta didik, 3) sarana Prasarana, 4) Pendidik dan tenaga kependidikan, 5) Keuangan, 6) proses, 7, pengelolaan, 8) penilaian, 9) lulusan dan faktor lainnya.

Manajemen pendidikan dengan fungsi perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan, pengarahan dan pengontrolan juga akan mengantarkan ketercapaian program yang dicanangkan dalam pendidikan. Misalnya program 9 tahun wajib belajar. Tanpa manajemen pendidikan ini akan berjalan lambat bahkan mungkin akan sulit upaya pencapaiannya.
Manajemen pendidikan juga akan mengarahkan sekolah untuk menuju peningkatan atau pengembangan menuju perubahan yang lebih baik.

Orientasi ini akan sulit terwujud bila tanpa manajemen pendidikan.
Bukanlah sesuatu hal yang berlebihan kalau kemudian dikatakan manajemen adalah faktor yang paling berpengaruh dalam keberhasilan pendidikan. Dan organisasi/lembaga pendidikan yang menerapkan sistem manajemen yang baik dipandang sebagai suatu keunggulan.

***

Be the first to comment on "Peran Penting Manajemen Pendidikan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*