Keajaiban Duwet ‘Buah Jamblang’

Keajaiban Duwet ‘Buah Jamblang’

oleh : dr Riris Wd,M.Si Dokter Herbal Medik (Saintifikasi Jamu), Konsultan kecantikan Victo Box’s clinic, Peneliti herbal dan kecantikan, Akupunkturis, Dosen 

Nama ilmiah Jamblang adalah Syzygium cumini (Syzygium cumini). Jamblang atau duwet adalah tanaman dari suku Myrtaceae atau jambu-jambuan. Tanaman asli Indonesia dan India, namun sekarang sudah banyak dibudidayakan di negara-negara lain, terutama di kawasan tropik dan subtropis.

Beberapa nama daerah yang dikenal antara lain, dhuwet, duwet manting (Jawa), Jambul (bahasa Inggris), jambu kling (Gayo), jambe kleng (Aceh), jambu kalang (Minang kabau), jamblang (Betawi dan Sunda), juwet, duwet, dhalas (Madura), juwet (Bali), klayu (Sasak), duwe (Bima), jambulan (Flores), raporapo jawa (Makasar), alicopeng (Bugis), dan jambula (Ternate). Dalam pelbagai bahasa asing buah ini dikenal sebagai jambulan, jambulana (Malaysia), duhat (Filipina), jambul, jamun, atau Java plum (Inggris).

Pohon jamblang hidup pada ketinggian rendah hingga 1800 dpl. Pohonnya dapat tumbuh dengan curah hujan sekitar 1000 mm per tahun. Pohon jamblang dapat bertahan hidup hingga berumur 100 tahun dengan tinggi sekitar 30 meter.

Jamblang mulai berbunga pada bulan Maret hingga April, dan berbuah pada bulan Mei hingga Juni. Buahnya kecil, mirip bentuk lambung, Buah yang muda berwarna hijau dapat berubah warna menjadi merah kemudian menjadi hitam ketika sudah masak. Ada pula jamblang yang berwarna putih, dinamakan duwet putih. Rasa buah jamblang sedikit asam, sepat, bercampur sedikit manis.

Nilai kandungan gizi Jamblang mentah per 100 g (3.5 oz) Energi 251 kJ (60 kcal) Karbohidrat 15,56 g Lemak 0,23 g Protein 0,72 g Air 83,13 g Vitamin A IU 3 Thiamine (Vit. B1) 0,006 mg (0%) Riboflavin (Vit. B2) 0,012 mg (1%) Niacin (Vit. B3) 0,260 mg (2%) Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%) Vitamin B6 0,038 mg (3%) Vitamin C 14.3 mg (24%) Kalsium 19 mg (2%) Besi 0,19 mg (2%) Magnesium 15 mg (4%) Fosfor 17 mg (2%) Kalium 79 mg (2%) Sodium 14 mg (1%) Sumber: USDA Nutrient database

Senyawa aktif

Minyak atsiri, fenol (methylxanthoxylin), alkaloid (senyawa jambosin), alkaloid dan juga glikosida jambolin atau antimelin  yang bermanfaat menghambat konversi diastatik pati menjadi gula.

Kandungan gizi buah jamblang adalah garam, gula, kalsium, protein, mineral dan vitamin C. jamblang mengandung quarcetin (membantu anti kanker), asam organik, flavonoid, triterpenoid berupa oleanolic acid, lauric, myristic, palmitic, stearic, oleic, linoleic, mivalic, sterculic, vernolic, gallic acid, ellagic acid, ellagitannis dan tannin.

Buah jamblang mengandung resin berwarna merah tua yang kaya dengan kandungan asam elagat, asam organic, tannin dan juga triterpenoid.

Buah jamblang mengandung zat pewarna alami antosianin pada kulit buahnya yang berwarna ungu sebagai sumber pewarna alami.

Manfaat Secara Empiris dan Beberapa Bukti Ilmiah

Sifat kulit batang tajam, manis, mempunyai manfaat membantu mengatasi gangguan pencernaan, sebagai astringent usus, anthelmintic (obat yang melumpuhkan cacing), dan digunakan untuk pengobatan sakit tenggorokan, bronkitis, asma, haus, sakit hati, disentri, bisul, dan membantu membersihkan darah.

Sifat buahnya tajam, manis, dingin, fungsinya membantu astringen usus dan menghilangkan bau mulut, kesehatan lambung, perut, diuretik dan anti diabetik. Dan dipasaran mempuyai manfaat besar untuk membantu pengobatan diare kronis dan gangguan enteriknya. Sedangkan abu daun membantu memperkuat gigi dan gusi.

Manfaat bijinya yang manis, membantu sebagai astringen pada usus dan membantu pengobatan diabetes.

Empiris

Sebagai tanaman hias. Kayunya keras dan tahan air. Kadangkala pohon jamblang dimanfaatkan kayunya untuk keperluan ornamental.

Seringkali kayu jamblang dipakai sebagai bantalan rel kereta api dan sebagai bahan baku furnitur untuk keperluan rumah tangga.

Buahnya menimbulkan warna ungu pada lidah yang akan hilang beberapa saat kemudian.

Membantu pengobatan antidiabetes

Alkaloid dan glikosida jambolin atau antimelin (adalah zat pada buah jamblang yang membantu menghambat konversi diastatik pati menjadi gula), yang membantu mengobati diabetes.
Pada penelitian dari Singh dan Gupta, 2007, menemukan bahwa ekstrak etanol biji buah jamblang dapat meningkatkan berat badan dan menurunkan kadar gula darah pada tikus. Ekstrak etanol ini juga dapat memperbaiki histopatologi pankreas. Senyawa yang berperan dalam manfaat anti diabetes jamblang adalah asam ferulat. Hipotesis sementara menyatakan bahwa asam ferulat dalam biji buah jamblang bermanfaat antidiabetes dengan mekanisme meregenerasi sel pankreas dan sebagai antioksidan.

Penelitian pada manusia yang dilakukan oleh Bopp dkk, 2009, mempertegas hipotesis di atas. Pada pasien yang mengalami hiperglikemia, ekstrak daun jamblang dapat menurunkan kadar gula darah. Mekanismenya adalah dengan cara menghambat aktivitas enzim adenosin deaminase (ADA). Enzim ini berperan penting dalam metabolisme purin dan DNA, respon kekebalan tubuh, serta aktivitas peptidase. Adenosin deaminase diduga memiliki peran terhadap pengaturan bioaktivitas insulin. Seperti diketahui bahwa aktivitas adenosin deaminase lebih tinggi pada pasien yang mengalami hiperglikemia dibandingkan dengan pasien dengan kadar gula normal.

Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan gizi buah jamblang adalah garam, gula, kalsium, protein, mineral dan vitamin C, memberikan khasiat meningkatkan daya tahan tubuh

Membantu anti kanker

Oleanolic acid metupakam triterpenoid yang berperanan besar. Misalnya di Jepang oleanolic acid direkomendasikan sebagai bahan yang membantu terapi pda penderita kanker kulit.

Ekstrak daun jamblang juga bersifat radioprotektif terhadap radiasi sinar gamma yang mematikan. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Jagetia dan Baliga, 2003, terhadap tikus yang diberi radiasi sinar gamma. Tikus yang diberi ekstrak daun jamblang lebih tahan terhadap gejala-gejala sakit yang ditimbulkan oleh radiasi gamma sekaligus menunda onset mortalitas.
Buah jamblang mengandung senyawa flavonoid dan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Membantu menurunkan resiko penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah

Buah Jamblang mengandung kalium yang tinggi yang membantu fungsi jantung lebih baik, membantu mencegah penyakit stroke dan menyetabilkan tekanan darah tinggi.

Membantu mengatasi sembelit

Buah duwet mengandung serat sekitar 0,9 gram/100 gram yang membantu sistem kerja usus, oleh karena itu ekstrak buah jamblang yang dicampur dengan kulitnya dapat membantu mengatasi sembelit.

Membantu meningkatkan kekebalan tubuh
Nutrisi pada buah jamblang yaitu garam, gula, kalsium, protein, mineral dan vitamin C, dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Membantu kecantikan kulit

Buah jamblang kaya dengan senyawa antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu pembentukan kolagen di dalam kulit, yaitu dapat membantu mencerahkan dan membuat tampak muda kulit.

Membantu menguatkan tulang dan gigi

Beberapa nutrisi yang terdapat dalam buah Jamblang adalah kalsium, magnesium, pospor dan zat besi, bias membantu menjaga sistem kepadatan tulang dan mencegah gigi berlubang. Orang yang  kekurangan kalsium mudah terkena resiko penyakit tulang seperti radang sendi dan osteoporosis saat lanjut usia. Bagi wanita sangat dianjurkan konsumsi buah duwet agar terhindar dari resiko penyakit kerapuhan tulang.

Membantu pembentukan sel darah merah

Kandungan zat besi yang ada pada buah Jamblang berguna untuk membantu pembentukan sel darah merah. Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan anemia, gangguan emosi, pola konsentrasi yang rendah dan tubuh yang lebih lemah. Konsumsi buah duwet 100 gram sehari bisa mencukupi kebutuhan tubuh untuk memproduksi sel darah merah.

Membantu kesehatan mata

Dalam setiap 100 gram buah duwet ditemukan sekitar 3 IU vitamin A yang sangat baik membantu kesehatan mata, meringankan resiko penyakit rabun dan mengurangi resiko kebutaan karena katarak.

Membantu mengatasi sakit perut

Buah jamblang atau  duwet yang masih segar mengandung senyawa antosianin, kaemferol dan asam elagik yang ternyata sangat berkhasiat untuk membantu sirkulasi pencernaan, fungsi usus dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Membantu mengobati batuk

Buah jamblang atau duwet segar mengandung vitamin C dan senyawa antioksidan yang dapat membantu melawan bakteri atau infeksi kuman penyebab batuk parah.

Membantu mengobati sakit kepala

Kandungan zat astringen pada buah duwet dapat membantu meringankan sakit kepala dengan berbagai tingkat keparahan, seperti dijelaskan pada sebuah jurnal Tradition Medicine edisi 101 vol 2. Selain itu buah duwet segar juga memberikan efek segar dan membantu penderita sakit kepala merasa lebih nyaman.

Membantu mengobati diare

Buah jamblang mengandung senyawa anti bakteri, yang mampu membantu membunuh berbagai bakteri saat terjadi diare, terjadinya infeksi mulut, infeksi kulit dan beberapa jenis infeksi lainnya,

Membantu anti alergi

Daun jamblang dapat membantu efek anti alergi karena mempunyai efek antihistamin dan anti serotonin dan prostaglandin.

Semoga bermanfaat dan berkah. *AR

Be the first to comment on "Keajaiban Duwet ‘Buah Jamblang’"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*