Jumat, Mei 7, 2021
Beranda Suara Jakarta Menggali Lebih Dalam Manfaat Kunyit bagi Kesehatan dan Kecantikan

Menggali Lebih Dalam Manfaat Kunyit bagi Kesehatan dan Kecantikan

By dr. Riris Wd, M.Si
Dokter Saintifikasi Jamu, Konsultan Kecantikan klinik dR Bintaro, Peneliti Herbal Medis dan Kecantikan, Akupunkturis. Dan Dosen

Kunyit atau kunir, ialah salah satu tanaman rempah. Dan kunyit telah dimanfaatkan sejak zaman nenek moyang kita. Biasanya mereka memanfaatkan kunyit sebagai jamu untuk diminum. Namun sekarang ini sudah banyak beredar produk kecantikan dan kesehatan dalam bentuk yang lebih modern. Contohnya dalam bentuk kapsul, serbuk, minuman kesehatan atau yang lainnya.

Kunir atau kunyit, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Kunyit dikenal di berbagai daerah denganbeberapa nama lokal, seperti Turmeric (Inggris), Kurkuma (Belanda), Kunyit (Indonesia dan Malaysia), Kunir (Jawa), Koneng (Sunda), Konyet (Madura).

Kunyit atau curcuma domestica merupakan tanaman tahunan seperti halnya Temu lawak. Tanaman ini berbatang semu, mempunyai pelepah daun agak lunak, serta mempunyai aroma yang khas.

Tinggi tanaman ini bisa mencapai lebih kurang 1 meter dengan bunga berwarna
Putih muncul dipucuk batang semu. Rimpang luar berwarna jingga kecoklatan serta daging buah berwarna kuning hingga merah jingga. Biasanya rimpang bergerombol dan bercabang.

LALU, ADAKAH kunyit di apotek hidup? Kalau tidak ada, mungkin beberapa hal di bawah ini bisa menjadi pertimbangan untuk mulai memasukkannya jadi tanaman penghias rumah.

Sebelumnya mengungkap lebih jauh mengenai manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan, ada baiknya jika kita mengetahui lebih dulu mengenai klasifikasi tanaman ini serta kandungan senyawa di dalamnya.

Klasifikasi Kunyit

Tanaman yang tergolong kedalam kelompok jahe-jahean (Zingiberanceae) dan terbagi kedalam empat jenis (kunyit putih, merah, hitam, kuning) ini memiliki klasifikasi ilmiah sebagai berikut:

Kingdom: Plantae (Tumbuhan) Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji) Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil) Sub Kelas: Commelinidae Ordo: Zingiberales Famili: Zingiberaceae (suku jahe-jahean) Genus: Curcuma Spesies: Curcuma longa L.

Budi Daya Tanaman

Untuk memperbanyak tanaman kunyit dapat dilakukan dengan rimpang atau sebagian anankanya. Jika memilih rimpang sebagai bibit, pilihlah rimpang yang tua dan memiliki mata tunas. Sebelum ditanam, sebaiknya bibit ditunaskan dulu agar tunasnya kelur dan pertumbuhan tanaman serentak. Cara membuat bibit dapat dijelaskan sebagai berikut.

Setelah memilih rimpang untuk bibit,simpanlah di tempat teduh selama 2-4 minggu
Untuk menjaga kelembapan dapat dilakukan dengan menghamparkan bibit pada jerami atau alang-alang kering yang dosusun berlapis. Perhatikan sirkulasi udaranya dengan baik. Siramlah bibit-bibit tersebut setiap haroi agar tunasn ya tumbuh dengan baik. Jika rimpang mulai bertunas, potonglah sesuai ukuran. Bekas potongan ditutup dengan sekam atau abu dapur yang sudah dicampur dengan fungisida atau direndam dalam agrymicui untuk menghindari infeksi pathogen. Pilihlah rimpang yang baik,sehat,dan besar karena hal ini akan memperbaiki mutu rimpang yang dihasilkan.

Waktu Penanaman

Waktu yang paling baik untuk menanam tanaman kunyit ini adalah awal musim
Penghujan atau akhir musim penghujan. Hal ini untuk memastikan ketersediaan air untuk tumbuh.Kunyit,seperti halnya rimpang-rimpang jenis lainya,memerlukan 5-6 bulan basah sebelum memasuki masa istirahat.

Jarak tanaman perlu diperhatikan. Jarak yang baik akan meningkatkan hasil panen
Rimpang per satuan luas.Jrak pada umumnya antara 30-50 cm dalam barisan dan 40-50cm antarbarisan.Rimpang setelah disemaikan lalu ditanam pada kedalaman 2-5cm dengan tunas mengarah keatas.

Pemupukan

Di samping pupuk kandang yang telah diberikan pada saat pengolahan lahan, juga diperlukan pupuk buatan yang mengandung fosfor dan kalium seperti TSP dan ZK. TSP digunakan untuk memacu pertumbuhan akar dan jumlah anakan dengan dosisi 200kg /ha.Untuk memperkokoh batang dan meningkatkan kualitas rimpang,dapat digunakan KCL sebanyak 300kg/ha. Pupuk TSP maupun KCL diberikan pada saat tanam. Pupuk urea juga dapat ditambahkan sebagai pupuk dengan dosis 300kg/ha, yang diberikan 2 kali yaitu ½ dosis pada saat tanam dan ½ dosis diberikan pada umur 4 bulan setelah tanam.

Kandungan Senyawa Kunyit

Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5% dan zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen,turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil.

Kurkumin : R1 = R2 = OCH3 10 %
Demetoksikurkumin : R1 = OCH3, R2 = H 1 – 5 %
Bisdemetoksikurkumin: R1 = R2 = H
Minyak asiri / Volatil oil (Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil)
Lemak 1 -3 %,
Karbohidrat 3 %,
Protein 30%,
Pati 8%,
Vitamin C 45-55%,
Garam-garam Mineral (Zat besi, fosfor, dan kalsium) sisanya.

Manfaat kunyit sebagai bahan ramuan obat:

Kunyit yang mengandung sejumlah unsur kimia yang cukup baik untuk kesehatan dan kecantikan. Telah kita ketahui bahwa rimpang kunyit sudah lama digunakan sebagai salah satu bahan ramuan obat untuk mengatasi sejumlah masalah pada tubuh baik yang disebabkan oleh penyakit ataupun gangguan lainnya serta dapat digunakan untuk kecantikan.

Berikut ini adalah berbagai manfaat dari kunyit;

Membantu Efek Anti Kanker

Aktivitas anti kanker kurkumin telah banyak diteliti secara in vitro dan in vivo. Kurkumin merupakan turunan diferuloilmetana dan diketahui memiliki aktifitas anti tumor. Aktivitas ini dikaitkan dengan kemampuannya sebagai penghambat CO, perangsang apoptosis maupun cell cycle arrest dengan mempengaruhi produk gen penekan tumor maupun onkogen.

Kurkumin menginbibisi proliferasi dan pertumbuhan sel melalui induksi fase S dan fase G2/M dari cell cycle arrest. Pada dosis rendah kurkumin menginduksi fase G2/M dari cell cycle arrest. Pada dosis tinggi kurkumin meningkatkan G2/M dari cell cycle arrest. Selain itu, kurkumin juga bekerja sebagai anti oksidan, penghambatan karsinogenesis, penghambatan proliferasi sel, anti estrogen, dan anti angiogenesis.
Anti angiogenesis merupakan mekanisme penting dalam pengobatan kanker. Angiogenesis adalah pertumbuhan pembuluh darah baru. Ini diperlukan oleh sel tumor sebagai saluran penyedia nutrien, oksigen dan sirkulasi kotoran agar dapat terus tumbuh dan menyebar. Kurkumin menahan kanker dan anti angiogenesis alias menghambat laju penambahan pembuluh darah baru.

Bagaimana kurkumin bekerja? Belum ada penjelasan pasti tentang ini, namun dugaan kuat kurkumin dapat berikatan dengan enzim aminopeptidase N (APN) dan menghambat aktivitas enzimatik. Aminopeptidase N adalah enzim yang terdapat pada jaringan membrane. Enzim ini bertanggung jawab terhadap proses pembentukan pembuluh darah baru (angiogenesis) dan pertumbuhan sel tumor. APN bisa membongkar ptotein pada permukaan sel/jaringan tubuh. Pada saat inilah sel kanker bisa masuk dan menggantikan kedudukan sel normal sehingga terjadi pertumbuhan tak terkendali. Dugaan sementara ikatan tak jenuh (ikatan rangkap), alfa dan beta di sekitar gugus keton pada kurkumin membentuk ikatan kovalen dengan dua nukleofil asam amino yang terdapat pada situs aktif APN dan mampu menghambat aktivitasnya secara tak dapat balik (irreversible).

Membantu Efek Anti Bakteri

Di antara tanaman anggota family Zingiberaceae, kunyit terbukti mengandung zat kurkumin paling tinggi. Kurkumin, pigmen kuning dalam umbi kunyit terbukti memiliki berbagai aktivitas farmakologi penting : anti oksidan, anti inflamasi, anti HIV, anti parasit, dan berpotensi sebagai anti kanker. Termasuk parasit adalah hewan dari golongan Nemathelmintes (cacing). Kurkumin menunjukkan aksi penghambatan karsinogenik pada kulit, usus, dan lambung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah koloni bakteri E. coli cenderung menurun dengan meningkatnya konsentrasi ekstrak rimpang kunyit. Makin tinggi ekstrak makin tinggi kandungan kurkumin di dalamnya. Walaupun belum diketahui bagaimana mekanisme kerjanya, tetapi bisa diambil kesimpulan, bahwa kurkumin, kristal yang mudah larut dalam alcohol dan air panas itu mempunyai kekuatan anti bakteri.
Anti Kembung, Anti Diare

Kurkumin dalam rimpang kunyit juga bekerja sebagai anti bakteri, mematikan kuman dan menghilangkan rasa kembung. Kurkumin merangsang kerja dinding emepedu untuk mengeluarkan lebih banyak cairan pemecah lemak. Minyak asiri dalam kunyit juga berfaedah mengurangi gerakan usus sehingga kunyit juga berlaku sebagai anti diare.

Membantu Efek Anti Inflamasi

Trietil kurkumin (TEC) dikenal sebagai senyawa yang memiliki aktivitas anti inflamasi paling aktif dibanding senyawa lainnya. Ia bekerja dengan cara menghambat mekanisme dan metabolism asam arakhidonat. Asam arakhidonat adalah suatu jenis asam lemak yang merupakan prekusor dalam biosintesis leukotriene, prostaglandin, dan thromboxane. Adanya senyawa kurkumin menghambat sintesis prostaglandin-2. Dengan demikian mekanisme kurkumin sebagai anti inflamasi adalah dengan menghambat fase lipooksigenase dan siklooksigenase. [yudistira adi maulana/bekam ruqyah center/islampos]

Kandungan utama kunyit adalah kurkumin dan minyak atsiri. Selain itu, kunyit juga mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yaitu kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin, dan bisdesmetoksikurkumin juga zat-zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon, Zingiberen, felandren, sabinen, borneol dan sineil. Kunyit juga mengandung, vitamin C, dan garam-garam mineral seperti zat besi, fosfor, dan kalsium.

Berikut ini kami rangkum untuk Anda, beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit yang perlu untuk diketahui. Antioksidan dan fitonutrien dalam kunyit meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga membuat Anda sehat.

Kurkumin yang terkandung dalam kunyit juga hadir dengan antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, dan sifat anti-glikemik. Sifat ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga mencegah beberapa penyakit, termasuk diabetes.Kunyit merupakan salah satu komponen yang membantu untuk melembabkan kulit dan mencegah kulit kering. Jika dikonsumsi secara rutin, kunyit dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga Anda akan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Kunyit adalah rempah-rempah yang ideal jika Anda ingin menurunkan berat badan, karena dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh Anda, membantu mengelola berat badan secara efektif.

Sebagai antiseptik alami, kunyit yang dalam bahasa Inggris disebut Turmeric ini juga dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Kunyit dapat menyembuhkan pigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Kunyit memberikan kontribusi dalam pertumbuhan sel dan meremajakan sel kulit. Dengan cara ini, Anda dapat memperlambat proses penuaan.

Selain berguna untuk memperlambat penuaan, kunyit juga dapat membantu melawan gangguan kulit, seperti eksim, psoriasis, dan ruam merah, juga membantu meringankan stretch mark atau selulit. Bahkan, kunyit juga dapat membersihkan kulit wajah secara alami, sehingga warna kulit lebih bersinar dan cerah. Kunyit memiliki peran penting dalam hal mencegah leukemia. Tidak hanya bermanfaat untuk mencegah leukemia, rheumatoid juga dapat disembuhkan dengan kunyit karena mengandung anti-inflamasi.

Kunyit dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker karena memiliki sifat anti-kanker. Dapat mendetoksifikasi toksin berbahaya dan bahan kimia dari tubuh Anda. Kunyit dapat mencegah proses penuaan karena memiliki sifat antioksidan. Secara alami, kunyit dapat menyembuhkan memar dan mencerahkan luka bekas terbakar.

Pengobatan menggunakan kunyit bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu pengobatan luar dan pengobatan dari dalam. Untuk pengobatan dalam biasanya kunyit dijadikan minuman atau sebagai jamu. Sementara untuk pengobatan luar, kunyit diparut atau diblender dan dijadikan masker. Bisa juga dibuat salep dan ditempelkan pada bagian yang sakit. Untuk penggunaan eksternal, Anda bisa membuat pasta kunyit dengan tepung buncis dan sedikit air. Terapkan pasta ini sebagai masker, diamkan selama 10 – 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Sementara untuk penggunaan internal, Anda dapat mengkonsumsi satu sendok teh kunyit bubuk. Bisa juga dicampur dengan susu atau gula. Tambahkan air hangat, aduk hingga merata dan minum secara teratur tiap hari.Mengobati koreng dan gatal-gatal pada kulitMasalah ini dapat diatasi dengan menggunakan kunyit yang ditumbuk dan dicampur dengan minyak, kemudian oleskan di area yang bermasalah.

Kunyit untuk membantu mencegah infeksi

Mikroorganisme parasit Patogen seperti virus Coxsackie B4 dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-1. Sifat antivirus, antibakteri, dan antibiotik kunyit dapat mencegah dan mengobati diabetes juga mengontrol infeksi.Kunyit untuk membantu mengurangi lemakDiabetes sering disertai dengan kenaikan berat badan. Selain itu, kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab diabetes. Jadi, kunyit membantu mencegah diabetes dengan mengendalikan berat badan melalui kandungan kurkumin. Selain itu, kandungan kurkumin juga dapat menghilangkan dan mencegah akumulasi lemak berbahaya pada tubuh.Kunyit untuk membantu mengatur insulinIni merupakan salah satu manfaat kunyit untuk penyakit diabetes. Pankreas menghasilkan insulin dalam tubuh manusia, anti-glikemik dalam kunyit mengatur dan menyeimbangkan kadar insulin, serta mencegah resistensi insulin dengan cara menurunkan kadar gula darah juga trigliserida dalam tubuh Anda.Kunyit untuk menyembuhkan hidung tersumbatSelain bermanfaat untuk mencegah infeksi, mengurangi lemak dan mengatur insulin, kunyit juga berkhasiat untuk menyembuhkan hidung yang tersumbat. Adapun caranya yaitu dengan membakar kunyit dan menghirup aromanya.

Kunyit untuk membantu menyembuhkan maag

Selain dengan pengobatan menggunakan obat farmasi, penyembuhan sakit mag juga bisa dengan menggunakan tanaman obat. Dengan mencampur tanaman yang mempunyai sifat demulcent, antasid, dan astringent, akan dapat diperoleh sediaan paling baik untuk pengobatan luka (tukak).
Beberapa tanaman yang telah banyak diteliti untuk penyembuhan tukak lambung adalah kunyit, lidah buaya, selasih, dan komamila. Selain itu ada beberapa tanaman yang secara empiris digunakan sebagai obat sakit mag, walaupun data ilmiahnya masih belum ada. Di antaranya kencur, cincau, dan meniran.
Dari semua tanaman itu, rimpang kunyit (Curcuma longa atau C. domestica) termasuk yang paling dikenal masyarakat. Sifat-sifat kunyit yang dapat menyembuhkan luka sudah dilaporkan sejak tahun 1953. Hasil penelitian menunjukkan, dengan kunyit laju penyembuhan meningkat 23,3% pada kelinci dan 24,4% pada tikus. Penemuan ini, dan penggunaannya secara tradisional untuk dispepsia, merangsang penelitian lebih lanjut. Pemberian ekstrak air atau ekstrak etanol kunyit secara oral pada kelinci secara nyata menurunkan sekresi asam lambung dan meningkatkan produksi mukus pada mukosa lambung. Hasil ini memperlihatkan efek terapeutik kunyit untuk penyakit lambung dimungkinkan akibat efek stimulasi mukus. Jus dan bubuk kunyit juga memperlihatkan aktivitas antiulcer yang diakibatkan oleh pemberian dosis tinggi HCl, aspirin, dan tekanan pada tikus. Dosisnya masing-masing 165 mg/kg bobot badan untuk jus kunyit dan 10 g/kg bobot badan untuk bubuk kunyit.
Usaha identifikasi kandungan aktif kunyit mengarah kepada penemuan curcumin. Secara eksperimental curcumin efektif dalam mencegah dan memperbaiki luka lambung yang diinduksi oleh phenylbutazone dan aspirin.

Curcumin meningkatkan mukus lambung sehingga aktivitas tukak lambung dapat dijelaskan melalui stimulasi produksi mukus.

Percobaan klinis efek kunyit pada tukak lambung dilakukan terhadap 10 pasien. Obat diberikan secara oral dengan dosis 2 kapsul 250 mg, 4 kali sehari, setengah sampai satu jam sebelum makan dan sebelum tidur. Pemeriksaan endoskopik dijalankan periodik sebelum pengobatan dan 4, 8, 12 minggu setelah pengobatan. Tukak sepenuhnya tersembuhkan pada 5 pasien dalam 4 minggu atau 7 pasien dalam 4 – 12 minggu.

Studi kasus lain melibatkan pemakaian bubuk kunyit untuk sakit perut akibat tukak lambung. Setelah 12 minggu pengobatan, 88% pasien yang menerima pil kunyit (3 pil, yang setara dengan 4 g) memperlihatkan perbaikan dan satu kasus tersembuhkan.

Kunyit juga mempunyai khasiat antiinflamasi

Khasiat antiinflamasi kunyit sebanding dengan hydrokortison asetat yang menyembuhkan inflamasi akibat induksi karagenin. Ekstrak air (hasil ekstraksi menggunakan air) 40 mg/kg berkhasiat sama dengan indomentasin 5 mg/kg bobot badan. Khasiat antiinflamasi ini akibat adanya minyak atsiri.
Untuk menggunakannya sebagai obat sakit mag diperlukan 2 jari tangan kunyit. Bahan ini dikupas dan dibersihkan, diparut, dan ditambah air matang. Setelah itu, diperas melalui kain bersih. Hasilnya didiamkan dan diambil air beningnya. Dalam sehari diminum 2 kali, masing-masing satu ramuan. Meminumnya pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

Cara Membuat

Sortasi rimpang kunyit atau pemilihan rimpang

Rimpang yang baik adalah rimpang yang berwarna kuning orange hingga kecoklatan.

Pilihlah rimpang yang sudah tua dan sudah beberapa hari disimpan setelah panen agar kadar airnya menyusut. Lebih baik pilihlah rimpang yang besar dan bulat.

Pencucian Rimpang

Pencucian rimpang ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang masih tertinggal pada rimpang saat pemanenan. Caranya rimpang dimasukan kedalam wadah yang telah diberi air untuk merendam rimpang.

Gosoklah rimpang dengan tangan agar kotoran rimpangnya hilang. Gunakan sarung tangan bila diperlukan.
Penggeseran antara rimpang akan menyebabkan kulit luar rimpang mengelupas, maka gantilah air itu dengan air bersih lagi. Saat pencucian terakhir cucilah dengan air mengalir agar bersih semua.

Penghancuran Rimpang

Setelah rimpang dicuci bersih, lalu ditiriskan terlebih dahulu. Kemudian rimpang dihancurkan atau digiling. Rimpang yang sudah lumat lalu ditampung pada wadah yang bersih.

Penyaringan

Rimpang yang sudah dilumatkan itu lalu dimasukan kedalam penyaring, yaitu
Kantong belacu yang tipis. Lalu diperas agar keluar airnya. Pada pemerasan pertama jangan ditambah dengan air agar kental. Pada pemerasan yang kedua dan seterusnya dapat ditambah dengan air sedikit demi seditik sambil diremas-remas.

Pengendapan

Ekstrak kunyit yang telah ditampung itu lalu diendapkan pada baskom atau wadah yang bersih selama dua jam. Maka akan terbentuk dua lapisan atas dan lapisan bawah,lapisan atas adalah cairan ekstrak kunyit yang akan diproses lebih lanjut. Lapisan bawah adalah endapan seperti tepung kanji.

Selain dapat memberikan manfaat, ternyata kunyit juga bisa menimbulkan efek samping pada tubuh, antara lain :

Menyebabkan gangguan pada lambung dengan dosis tertentu

Bisa menimbulkan rangsangan pada rahim, sehingga wanita hamil dan ibu menyusui sebisa mungkin mengurangi konsumsi kunyit.

Sejumlah zat/senyawa dalam kunyit sebagian sukar diserap oleh tubuh, sehingga manfaat dari kunyit ini tidak bisa dimaksimalkan oleh tubuh.

Bagi penderita yang sedang menjalankan kemoterapi, sebaiknya tidak mengkonsumsi kunyit karena bisa menurunkan efek kemoterapi.

1. Manfaat kunyit untuk mengatasi demam

Rimpang kunyit segar ± 20 gram diparut, lalu tambahkan 100 ml air matang hangat, diaduk, kemudian peras menggunakan kain.

Aturan pakai : air perasan kunyit diminum sehari 2 kali.

2. Manfaat kunyit dalam mengatasi bau badan

Rimpang kunyit seukuran 2 ibu jari diparut, lalu dicampurkan kedalam 2/3 air matang yang telah ditambahkan gula aren sebelumnya. Aduk hingga rata. Saring, lalu minum

Aturan pakai : minum ramuan tersebut 1 x sehari sebelum tidur.

3. Manfaat Kunyit Untuk mengobati gatal karena cacar air

Rimpang kunyit 1 potong + daun asam 1 genggam, cuci bersih keduanya, lalu blender hingga halus, gunakan sebagai obat luar dengan cara mengoleskannya pada bagian kulit yang gatal

Aturan pakai : lakukan 3 x sehari

4. Manfaat ramuan kunyit untuk membantu mengatasi tekanan darah tinggi

Bahan : 50 gram daun pegagan, 300 cc madu, 3 ibu jari kulit segar 500 cc air.

Cara pembuatan : potong tipis kunyit dan pegagan, kemudian rebus dalam air 500 cc sampai tersisa ± 150 cc, saring, diamkan hingga hangat, tambahkan madu kedalam air ramuan sedikit-sedikit sambil diaduk.

Aturan pakai : minum 3 x sehari sebanyak 1 sendok makan.

5. Manfaat ramuan kunyit untuk mengobati penyakit malaria

Bahan : rimpang kunyit 3 gram, kulit pule 15 gram, temulawak 20 gram, kayu cendana 5 gram, kulit pohon keningar 5 gram, daun jering / jering antan 6 gram, minyak kayu putih 6 tetes, air ± 500 cc.

Cara membuat ramuan : Haluskan rimpang kunyit, kayu cendana, dan kulit pohon pule, masukkan kedalam air, masukkan juga semua bahan lainnya, lalu rebus hingga mendidih.

Aturan pakai : minum ramuan 3 x sehari.

6. Manfaat kunyit untuk obat diare.

Bahan ramuan : ½ jari rimpang kunyit, ½ rasuk angina, 3 biji ketumbar, buah kayu ules 1 bh, 1 helai daun tawas.

Cara pembuatan : Campur semua bahan dan tambahkan air ± 115 ml, rebus hingga mendidih, kemudian saring.

Aturan pakai : minum ramuan 2x sehari pagi dan sore ± 100 ml.

7. Manfaat Kunyit Dalam mengembalikan stamina tubuh

Bahan ramuan : 1 sendok makan air perasan kunyit, telur ayam kampung 1 butir, madu 1 sdm, air perasan jeruk nipis 1 sdm, lada secukupnya.

Cara membuat ramuan : campur semua bahan kecuali lada, kocok hingga ramuan tercampur rata, tambahkan lada secukupnya.

Aturan pakai minum ramuan ± 3 x sehari

8. Manfaat Kunyit sebagai obat borok
Rimpang kunyit seukuran ibu jari diparut, tambahkan air kapur sirih 1 sendok teh, tambahkan juga air perasan dari 1 buah jeruk nipis, aduk hingga rata.

Aturan pakai : untuk obat luar, oleskan pada bagian tubuh yang tumbuh borok.

9. Manfaat ramuan kunyit untuk mengatasi keputihan

15 gram rimpang kunyit yang sudah tua dikupas, lalu diparut. Tambahkan 150 ml air asam, dan gula jawa, aduk hingga rata. Saring dengan menggunakan kain.

Aturan pakai : minum ramuan 1-2 x sehari.

10. Manfaat Kunyit Untuk mengatasi radang gusi

Rimpang kunyit ½ ibu jari dan gambir 3 potong, keduanya di iris halus, kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas.

Aturan pakai : untuk berkumur, lakukan 3-4 x sehari

11. Manfaat ramuan kunyit untuk mengatasi telat datang bulan ( untuk wanita).

Bahan ramuan : kunyit dan daun sigading 15 gram, kapulaga dan biji pala 10 gram, ketumbar, cengkeh, dan jintan hitam 5 gram.

Cara membuat ramuan : Rebus semua bahan dalam air 3 gelas hingga tersisa 1 gelas, lalu saring.

Aturan pakai : minum ramuan 3 x sehari sebanyak 1/3 gelas.

12. Manfaat ramuan kunyit untuk kesehatan kulit.

Bahan ramuan : rimpang kunyit segar 100 gram, air perasan jeruk nipis 100 ml, 1½ sendok makan madu, air secukupnya.
Cara pembuatan ramuan : haluskan kunyit, tambahkan madu dan air jeruk nipis, tambahkan air secukupnya.

Aturan pakai : minum ramuan secara teratur

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan Serta Kandungannya

1. Menghilangkan Jerawat

Membuat masker wajah dengan kunyit untuk membantu melawan jerawat dan mendapatkan cahaya muda. Ini masker wajah tradisional yang sering digunakan oleh pengantin sebelum hari pernikahan mereka. Ini mencerahkan warna kulit dan membantu mengurangi noda yang tidak sedap dipandang. Tambahkan 2 sendok makan tepung dan 1 sendok makan susu organik hangat. Kemudian tambahkan dua tetes minyak zaitun atau kelapa dan sejumput kunyit. Blender untuk membuat pasta. Oleskan tipis-tipis pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Cara terbaik adalah untuk menerapkan masker sebelum mandi sehingga bisa dibilas saat mandi.

2. Mencegah Keriput

Membuat krim mata dengan kunyit dan menggunakannya setidaknya dua kali seminggu. Hal ini akan membantu untuk menghilangkan tidak hanya kerutan di sekitar mata, tetapi juga lingkaran hitam. Tambahkan sedikit kunyit untuk 2 sendok makan mentega. Terapkan pasta di sekitar mata dan biarkan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air dingin.

3. Mengatasi Kulit Kering dan Berminyak

Untuk kulit kering, campurkan 1 putih telur, 2 tetes minyak zaitun, jus lemon segar dan air mawar. Tambahkan sedikit kunyit dan aduk rata. Terapkan ke semua daerah kering termasuk wajah, leher, siku dan lutut. Biarkan sampai kering. Cuci dengan air hangat.Untuk kulit berminyak, tambahkan sejumput kunyit untuk 2 sendok makan bubuk kayu cendana. Campur dengan 2 sdm susu dan 2 tetes jus lemon. Oleskan ke wajah dan biarkan kering. Bilas dengan air hangat.

4. Menghaluskan Tumit

Untuk tumit yang retak, oleskan campuran 3 sendok makan kunyit dengan 3 tetes minyak kelapa. Campuran ini juga akan membantu mencegah infeksi jamur pada jari-jari kaki.

5. Kunyit untuk PigmentasiMeghilangkan bekas jerawat atau jenis hiperpigmentasi, oleskan campuran kunyit dan jus lemon ke daerah yang terkena selama 20 menit. Untuk hasil terbaik gunakan rutin setiap hari.

6. Menghilangkan Ketombe

Ketombe dan masalah kulit kepala lainnya dengan mudah diobati dengan kunyit dan minyak zaitun. Oleskan campuran ke kulit kepala. Biarkan selama 15 menit, lalu cuci bersih dengan shampo.

DAFTAR PUSTAKA
http://www.google.com
http://www.iptek.net.id
Agus,H.M Ibnu Ibad 2004. Keterampilan Khusus di ` BidangPengobatan dan Perawatan Kecantikan Secara Tradisional.Salatiga:HKPN
Haryati, Marlinda.2003. Terampil Membuat Ekstrak Temu-Temuan.Yogyakarta: Aditya Karya Nusa

Demikian kajian ilmiah manfaat kunyit bagi kesehatan dan kecantikan.
Semoga bermanfaat.*AR.

Menggali Lebih Dalam Manfaat Kunyit bagi Kesehatan dan Kecantikan BEKASIMEDIA.COM | MEDIA BEKASI SEJAK 2014

The post Menggali Lebih Dalam Manfaat Kunyit bagi Kesehatan dan Kecantikan appeared first on BEKASIMEDIA.COM.

Sumber Suara Jakarta

RELATED ARTICLES

Most Popular