fbpx

Laporan Sementara: Gempa Subang Tak Menimbulkan Kerusakan

BEKASIMEDIA.COM – Kabupaten Subang, Jawa Barat diguncang gempaberkekuatan 6,5 skala Richter (SR), Rabu (19/10/16) pagi. Gempa yang mengguncang Subang ini terasa sampai di beberapa wilayah seperti di Jakarta dan Banten.
“Posko BNPB telah mengonfirmasi dampak gempa di beberapa daerah. Intensitas gempa dirasakan III-IV MMI atau ringan hingga lemah. Beberapa wilayah di bagian utara Banten, Jawa Barat dan Jakarta merasakan gempa dengan lemah dan mengayun selama 5 sampai 8 detik,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Rabu (19/10/16).

Gempa itu berpusat di Laut Jawa pada pukul 07.25 WIB dan berada di kedalaman 654 km. Lokasi gempa dari Kota Subang, Jawa Barat berada sekitar 120 kilometer ke arah timur laut. Gempa ini tidak menimbulkan gelombang tsunami.

“Masyarakat di Tangerang, Jakarta, Bekasi, Sumedang, Cikarang, Cirebon, Indramayu, Bogor, Cilegon, dan Sumedang dilaporkan merasakan guncangan tetapi lemah,” ucapnya.

“Masyarakat di Jakarta yang tinggal di gedung bertingkat dan apartemen merasakan guncangan yang lebih kuat. Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan. Diperkirakan gempa tidak menimbulkan kerusakan bangunan dan korban jiwa. Aktivitas masyarakat tetap berjalan normal,” sambung Sutopo.

Sementara itu Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat menyatakan belum ada laporan dampak dari peristiwa gempa bumi berkekuatan 6,5 Skala Richter yang mengguncang wilayah Subang dan sekitarnya pada Rabu pukul 07.25 WIB.

“Pantauan sementara belum ada laporan terdampak,” kata Kepala BPBD Provinsi Jawa Barat Haryadi Wargadibrata, Rabu (19/10), dilansir Republika.

Ia menuturkan di Kabupaten Subang belum ada BPBD namun pihaknya terus berupaya melakukan koordinasi dengan dinas/instansi terkait. “Dan saat ini BPBD Jabar sedang melakukan pemantauan melalui Pusdalops PB BPBD Jabar. Tim kami sudah siap apabila ada laporan terdampak,” kata dia. (*/eas)

Be the first to comment on "Laporan Sementara: Gempa Subang Tak Menimbulkan Kerusakan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: