fbpx

PLN Gandeng KBM dan PKPU Ajak 130 Anak Yatim Mempelajari Energi dan Nonton Bareng

BEKASIMEDIA.COM – Sebagai wujud nyata kepedulian PLN dalam bidang pendidikan, khususnya disektor energi bertajuk PLN Peduli, PLN Wilayah Kaltimra berkolaborasi dengan KBM dan PKPU Balikpapan mengajak 130 Anak Yatim Dhuafa mengikuti Kelas Energi dan Nonton Bareng, Minggu (18/9/16).
Kegiatan ini menjadi media pembelajaran kepada anak-anak khususnya anak yatim dalam rangka memperkenalkan secara umum tentang sumber-sumber energi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan memberikan pemahaman akan pentingnya energi dalam menggerakan roda pembangunan untuk mencapai kemajuan bangsa bagi masyarakat khususnya kepada para generasi penerus.
General Manager PLN Kaltim-Kaltara, Tohari Hidayat dalam sambutannya menyatakan, “ini adalah salah satu program dari PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) PLN khususnya untuk berbagi pengetahuan tentang energi kepada generasi yang akan melanjutkan ke depan bangsa Indonesia ini“.
Acara yang juga dihadiri oleh Walikota Balikpapan, Rizal Effendi berlangsung meriah dari awal hingga akhir, bahkan Walikota Balikpapan turut ikut berbagi bersama yatim dhuafa dengan memberikan hadiah sepatu baru kepada dua peserta yang berani menjawab pertanyaan yang diberikan oleh panitia.
“Energi sangat penting untuk kehidupan kita, dengan kegiatan ini para adik-adik mengetahui bagaimana cara untuk menghemat energi , semoga anak-anak disini menjadi anak-anak yang sholeh dan sholeha , anak-anak yang cerdas, dan anak-anak yang selalu menghargai orang tua , guru dan agama,” ungkap Walikota Balikpapan dalam sambutannya.
Sebelum kelas energi dimulai peserta sudah dibagi menjadi 6 kelompok berdasarkan nama-nama sumber energi seperti batu bara, kincir angin, matahari, panas bumi, bola lampu, dan hydro energi. Masing-masing kelompok menunjukan yel-yel nya yang membuat suasana semakin meriah.
Pada kelas energi kali ini para peserta di masing-masing kelompok belajar mengenai sumber energi dengan dibagi menjadi 6 pos diantaranya pos 1 : Mengelola Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan (Handycraft), Pos 2 : Mengenal Sumber Energi Batu Bara, Pos 3 : Mengenal Pembangkit Listrik & Distribusi Listrik Ke Rumah-Rumah, Pos 4 : Mengenal dan Mengetahui Hydro Energi, Pos 5 : Mengenal dan Mengetahui Olahan Migas dan Pos 6 : Games Puzzle & Perahu Othok.
Setelah asik menimba ilmu di kelas energi para peserta diajak untuk refreshing sejenak dengan menonton film ‘12 Menit Untuk Selamanya’ di XXI Ewalk Balikpapan , bercerita tentang grup marching band dari Bontang yang beranggotakan 130 anak sesuai dengan jumlah peserta acara, yang bermimpi untuk menjadi juara nasional dengan kegigihan dan semangat pantang menyerah dan dapat mewujudkan juara pertama. Seperti film tersebut, itulah yang ingin ditanamkan kepada para peserta, bagaimana mereka diharapkan mampu mengejar mimpi dan menjadi orang yang besar suatu saat nanti.
Raffa, salah satu peserta mengaku senang karena bisa belajar mengenai sumber energi dan bisa berkenalan dengan teman-teman lainnya “merasa senang awalnya malu-malu tapi pas sudah mulai jadi akrab dengan lainnya, saya disini belajar di masing-masing pos, masing-masing pos dapat hadiah yang saya bagikan ke teman-teman lainnya”, ujarnya.
“Saya mempelajari batu bara, banyak sekali keajaiban batu bara. Saya juga mempelajari tentang listrik, kincir angin, minyak bumi dan PLTG. Setelah asik belajar kami diajak untuk nonton film 12 menit, terharu sekali ketika menontonya semoga bisa menjadi motivasi saya untuk mengejar mimpi. Terimakasih PLN, KBM dan PKPU yang sudah mengajak saya dan teman-teman lain belajar dan bermain, semoga dibanyakan rejekinya oleh Allah dan selalu diberikan kesehatan,” pungkasnya. (Rohim/Putri/PKPU)

Be the first to comment on "PLN Gandeng KBM dan PKPU Ajak 130 Anak Yatim Mempelajari Energi dan Nonton Bareng"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: