fbpx

Pemkot Bekasi Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban di Masjid Al-Barkah

Brkasimedia- Walikota Bekasi, Rahmat Effendi dan Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu melaksanakan shalat Iduladha 1437 di Masjid Agung Al Barkah, Jl. Veteran, Marga Jaya, Senin, (12/9).
Shalat ied dihadiri ratusan warga Kota Bekasi, terutama warga dari kelurahan Marga Jaya. Saking penuhnya, selain memadati Masjid Al Barkah, jamaah juga memenuhi jalan di sekitaran masjid.
Shalat Ied tahun ini dipimpin Ustadz H. Ukayani Ahmad dengan penceramah Ustadz H. Jamalullail.
Setelah melaksanakan shalat Iduladha, walikota, wakil walikota juga sekretaris daerah kota Bekasi menyerahkan sejumlah hewan kurban. Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan usai pelaksanaan shalat Iduladha di pelataran masjid. Daging hewan kurban tersebut lalu didistribusikan kepada warga di lingkungan kelurahan Marga Jaya, Bekasi Selatan.
Idul adha tahun ini, panitia kurban Masjid Al Barkah menerima sumbangan 35 hewan kurban yang terdiri dari 9 ekor sapi dan 26 ekor kambing, termasuk 3 ekor sapi sumbangan dari Walikota Bekasi, Wakil Walikota dan Sekretaris Daerah kepada panitia pemotongan hewan kurban DKM Masjid Al Barkah.
Dalam sambutan selepas sholat ied, Walikota Bekasi mengatakan ibadah kurban merupakan cerminan sikap rela berkorban. Hal ini mengandung makna, semua elemen masyarakat rela berkorban demi kemajuan Kota Bekasi.
Menurutnya, Kota Bekasi akan semakin harmonis dan terjaga keberagamannya apabila semua pihak bisa mengesampingkan egoisme kekuasaan, fanatisme golongan dan lain-lain.
“Dalam konteks kedaerahan, semangat rela berkorban dengan menyembelih hewan kurban menjadi sesuatu yang amat penting untuk membangun dan memajukan kota Bekasi. Khususnya terwujud pada visi kota Bekasi yang maju, sejahtera dan ihsan dengan mengesampingkan ego kekuasaan dan kelompok,” kata Rahmat Effendi.
Ia juga berharap masyarakat kota Bekasi menyadari betul momen hari raya ini dengan semangat rela berkorban untuk mendapatkan Ridha Allah Swt seperti yang dicontohkan Nabi Ibrahim AS serta tuntunan Nabi Muhammad Saw yang diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Karena setiap tuntunan, kata walikota, bisa menjadi acuan untuk terus memperbaiki kualitas hidup.
Sementara itu, penceramah Ustadz Jamalullail mengatakan syariat kurban merupakan hal mulia dari Allah sehingga nabi Muhammad saw pun kata dia seperti diriwayatkan tidak pernah absen setiap tahunnya untuk berkurban.
“Minimal dua ekor kambing atau domba yang sehat dan besar dikurbankan dengan tangan beliau sendiri. Beliau berkurban di tengah kesederhanaan hidupnya. Ini teladan dan kita perlu mengikuti tuntunannya,” kata ustadz Jamalullail.
Lanjut dia, media berkurban menjadikan pribadi muslim beribadah kepada Allah SWT juga untuk menjaga hubungan dengan sesama manusia. Istilahnya, hubungan vertikal dan horizontal.
“Hikmah dan rahasia berkurban sangat dalam dan semoga momentum Iduladha kali ini Kota Bekasi, kota yang Baldatun Toyyibatun Warofun Ghofur dan selalu dapat perlindungan Allah SWT,” harap Ustadz Jamalullail di depan ratusan jamaah. (goeng/bekasikota.go.id/bmc)

Be the first to comment on "Pemkot Bekasi Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban di Masjid Al-Barkah"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: