fbpx

Kepala DP3JU Kota Bekasi: "Wilayah Kategori PJU Tidak Ideal Jadi Perhatian Serius"

IMG-20160214-WA0005
Bekasimedia – Kepala DP3JU Kota Bekasi, Karto mengatakan, saat ini lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang terpasang di seluruh Kota Bekasi tersebar di 12 Kecamatan sebanyak 28 ribu unit.
Dari 28 ribu PJU yang berdiri sendiri tidak digabung dengan tiang listrik milik PLN sekira 10 ribu unit. Sementara sisanya merupakan “eksisting” dengan tiang listrik milik PLN.
“Saat ini untuk total keseluruhan PJU di Kota Bekasi masih kurang, diperkirakan 30 ribu unit PJU,” jelas Karto saat ditemui di Kantor DP3JU Kota Bekasi, di Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Jumat (12/02).
PJU di beberapa wilayah di Kota Bekasi diakui oleh Karto, masih terdapat wilayah yang belum masuk kategori ideal terkait penerangan jalan umum. Wilayah yang masih menjadi perhatian serius pihaknya di antaranya wilayah Kecamatan Mustikajaya, Jakasampurna, Bantargebang, Jatiasih dan Kecamatan Rawalumbu.
“Sementara untuk Jarak ideal pemasangan PJU yang sebelumnya per 30 meter, saat ini masih banyak 40 – 50 meter jaraknya dari tiang satu dengan tihang lainnya. Makin dekat jarak PJU, itu artinya masyarakat akan tertuntun dengan baik di malam hari,” imbuhnya.
Lanjut Karto, pihaknya tengah berupaya mencapai jumlah ideal PJU di Kota Bekasi yang masih kurang diperkirakan 30 ribu unit. Pihaknya tahun ini akan melakukan pengadaan sebanyak 3000 unit PJU, dan sudah masuk dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bekasi sekira Rp12 milyar.
“Jadi, untuk tahun ini kita dapat dari APBD untuk pengadaan sejumlah 3000 unit PJU. Sementara, pengadaan PJU untuk tahun 2016 pada awal Maret mendatang baru akan dimulai proses lelang atau tender. Baru setelah 40 hari dari proses lelang dan sudah diketahui pemenangnya, baru akan dilakukan proses pengadaan. Artinya, untuk mulai pengerjaan pemasangan PJU selambat – lambatnya Mei mendatang sudah berjalan,” jelasnya.
Karto menjelaskan lebih lanjut untuk pengadaan PJU pada 2015 lalu, dinasnya melakukan pengadaan sebanyak 1.016 unit lampu PJU. Dan, kata dia, nilai dari 1.016 unit lampu PJU saat itu Rp5,5 miliar.
“Terkait pemeliharaan lampu PJU di seluruh wilayah Kota Bekasi telah dianggarkan 4 milyar rupiah. Untuk perawatannya sendiri saat ini dilakukan swakelola.” pungkasnya. (dns)

Be the first to comment on "Kepala DP3JU Kota Bekasi: "Wilayah Kategori PJU Tidak Ideal Jadi Perhatian Serius""

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: