fbpx

Inilah Respon PKPU  Pada Banjir di Kampar, Riau & Pangkal Pinang, Bangka Belitung

image
Bekasimedia – Hujan yang terjadi selama 2 hari berturut-turut menyebabkan banjir dibeberapa wilayah di kabupaten Kampar, Riau. Terdapat  4 kecamatan yang terendam banjir yaitu Kecamatan Kampar Timur, Kampar, Rumbio Jaya dan Kampar Hulu. Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah mewanti-wanti akan adanya banjir di Kabupaten Kampar yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat. Sebabnya, pintu waduk di Pembangkit Listrik Tenaga Air Koto Panjang Kabupaten Kampar telah dibuka pada Senin (8/2), karena besarnya debit air yang masuk dalam waduk.
Berdasarkan pengamatan tim rescue PKPU Pekanbaru, terdapat satu dusun Pulau Rambai di kec. Kampar Timur yang terdiri dari 3 RW dan dihuni oleh kurang lebih 900 KK terkepung banjir seluruhnya. Tak hanya itu, beberapa fasilitas sekolah dan fasilitas umum juga ikut terendam banjir.  Terdapat 2 SD, 1 Tsanawiyah, 1 playgroup, 1 TK dan 3 Masjid. Fasilitas dalam kondisi rusak dan tidak bisa diselamatkan lagi. Saat ini warga sedang dievakuasi di posko siaga banjir di Mesjid Taqwa dusun Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur. 
“Saat ini masih dilakukan pendistribusian bantuan logistik dan evakuasi warga. Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU bersama BPPD KAMPAR dan TAGANA membuat posko siaga banjir dan sudah membuat dapur umum,” ujar Humas PKPU, Sukismo.
Sedangkan  di Pangkalpinang, Bangka Belitung menurut Sukismo, hampir semua kecamatan terendam banjir. Air semakin meninggi mulai dari setinggi dada orang dewasa hingga kini ketinggian mencapai orang dewasa lebih (kurang lebih 2 meter), selain dari curah hujan, air pasang juga menjadikan banjir semakin meninggi. Terdapat 7 kecamatan di Pangkal Pinang yang terendam banjir antara lain Bukit Intan, Gerunggungan, Pangkal, Balam, Gabek, Rangkui, Taman Sari dan Girimaya.
Bantuan yang dibutuhkan berupa bahan makanan siap saji, minuman hangat, sembako, terpal, selimut dan perahu karet.
Salurkan donasi anda melalui rekening Mandiri 122.002.8000.027 a.n. PKPU. Informasi lebih lanjut mengenai bencana banjir dan longor di Kampar dan Pangkalpinang dapat menghubungi PKPU Pekanbaru (0761) 8416191. (Putri/PKPU)

Be the first to comment on "Inilah Respon PKPU  Pada Banjir di Kampar, Riau & Pangkal Pinang, Bangka Belitung"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: