fbpx

BPLH Kota Bekasi Sosialisasikan Program Pengurangan Penggunaan Kantung Plastik

20160209193342
Bekasimedia – Kepala Badan Pengendali Lingkungan Hidup (BPLH) kota Bekasi, Sopandi mensosialisasikan program turunan Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia terkait pengurangan penggunaan kantung plastik di kantor dinasnya, di Plaza Pemkot Bekasi Selasa, (9/2).
“Indonesia merupakan negara terbesar kedua skala internasional yang menggunakan kantung plastik setelah Cina,” tutur Sopandi, “dasar dari program pengurangan penggunaan kantong plastik adalah bahwa yang pertama Indonesia dalam skala internasional merupakan negara terbesar kedua pengguna kantung plastik menurut Kementerian LH Republik Indonesia. Kemudian yang kedua bahwa hasil penelitian dari IPB sampah plastik ini penguraiannya kalo di darat selama 100 tahun sedangkan di laut selama 150 tahun. Kemudian jika ini tidak dikendalikan maka pada tahun 2050 bisa dipastikan sampah di lautan akan lebih banyak dari pada ikannya,” lanjut Sopandi kepada Bekasimedia.
Sebanyak 1500 ton sampah perhari yang dihasilkan kota Bekasi menjadi perhatian serius Pemkot Bekasi dalam hal ini BPLH terus mengupayakan mengurangi jumlah sampah yang dikirim ke TPA Sumur Batu melalui berbagai cara yang sudah dilakukan.
“Kalau saja kita bisa mengurangi 40 persen saja dari 1500 ton sampah per hari yang dibuang ke TPA Sumur Batu maka kita bisa mengurangi produksi sampah sebanyak 600 ton perhari di kota Bekasi,” imbuhnya.
Terkait Hari Sampah Sedunia, Sopandi juga berharap partisipasi aktif masyarakat.
“Pertama harus ada kesadaran di masyarakat serta peran aktif dalam mengelola di hulunya sebelum pada akhirnya sampai di TPA Sumur Batu dan masyarakat jangan hanya membuang sampah setelah memakai produk tapi juga harus dipikirkan pengelolaannya menjadi bernilai ekonomis. Sedangkan dari aspek pemerintah harus membuat regulasinya serta melengkapi fasilitas armadanya yang saat ini masih belum mencukupi,” pungkas Sopandi. (dns)

Be the first to comment on "BPLH Kota Bekasi Sosialisasikan Program Pengurangan Penggunaan Kantung Plastik"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: