fbpx

Buruh Otomotif: PHK Belum Ada Tapi Kerjaan Udah Sepi!

image
Bekasimedia – Manajemen PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya melakukan konfirmasi terkait isu adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) atas karyawannya yang banyak beredar di berbagai media.
“Itu hoax. Kondisi ekonomi saat ini memang belum pulih dan berdampak pada pasar motor domestik. Kami anggap ini tantangan untuk melakukan efisiensi. Tetapi PHK merupakan langkah yang kami hindari karena karyawan merupakan aset yang berharga bagi perusahaan,” ujar Deputy Head Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbudin seperti dilansir CNN Indonesia, Jumat (5/2).
AHM menurut Muhib melihat ekonomi Indonesia masih memiliki prospek yang bagus karena pangsa pasarnya yang sangat besar. Oleh karena itu, perusahaan otomotif asal Jepang tidak ragu membangun pabrik baru di Karawang sebagai salah satu bentuk optimisme terhadap masa depan industri otomotif di Indonesia.
“Market memang sedang susah. Kendati demikian kami menghindari sekali PHK. Kami yakin upaya efisiensi dengan tetap memperhatikan kesejahteraan karyawan akan bermanfaat dan di sisi lain kami punya harapan besar, market akan rebound,” tegas Muhib.
Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat sepanjang 2015 penjualan motor nasional mengalami penurunan 17,6 persen atau hanya mencapai 6,48 juta unit jika dibandingkan dengan penjualan 2014 yang mencapai 7,86 juta unit.
AHM sendiri tercatat mampu menjual sepeda motor sebanyak 4,45 juta unit yang membuatnya mampu menguasai pangsa pasar sebesar 68,7 persen. Meski penguasaan pangsa pasar sepeda motor Honda naik 4,5 persen dibanding 2014, namun secara volume AHM justru mengalami penurunan penjualan.
Mengutip data AISI, sepanjang 2014 AHM masih mampu menjual sepeda motor sebanyak 5,1 juta unit setara dengan 64 persen pangsa pasar penjualan sepeda motor nasional yang tahun itu mencapai 7,86 juta unit.
Di tempat terpisah, Safrudin seorang karyawan perusahaan otomotif di Karawang mengonfirmasi kepada bekasimedia bahwa kondisi di pabrik-pabrik otomotif memang belum ada PHK bagi karyawan tetap.
“Untuk PHK bagi karyawan tetap sih belum ada, tapi pengetatan udah terjadi. Gak ada penerimaan baru terus yang kontrak abis gak diperpanjang. Apalagi pengangkatan karyawan, udah gak ada!” ujar Safrudin.
Kemudian Safrudin memberikan tips untuk pemerintah selaku pengatur kebijakan.
“Saya sih gak ngerti banyak tapi coba itu harga BBM diturunkan. Kan harga minyak dunia turun. Siapa tahu gerak lagi dunia otomotif,” pesan Safrudin. (*/eas)

Be the first to comment on "Buruh Otomotif: PHK Belum Ada Tapi Kerjaan Udah Sepi!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: