fbpx

6 Februari, Mengenang Kembali Tragedi Munich Klub Manchester United

image
Bekasimedia – 6 Februari, bagi sebagian orang mungkin ini adalah tanggal biasa tanpa keistimewaan. Namun bagi pecinta sepak bola, terlebih pecinta “Setan Merah”, hari ini adalah hari yang penuh dengan kenangan kelam. Tepat, hari ini adalah hari dimana Tragedi Munich terjadi.
Tragedi Munich terjadi pada tanggal 6 Februari 1958 di Bandara Munich-Riem, Munich, Jerman. Tragedi terjadi ketika British European Airways Penerbangan 609 jatuh pada usaha ketiganya untuk lepas landas dari kubangan lumpur yang menyelimuti landasan.
Di dalam pesawat tersebut terdapat pemain Manchester United yang tengah bersinar kala itu, “The Busby Babes”, bersama sejumlah fans MU dan wartawan. Beberapa pemain MU tewas akibat kecelakaan tersebut.
Pasca kecelakaan, beberapa tim besar memberikan bantuan sebagai tanda solidaritas dan simpati kepada tim Setan Merah. Bahkan Real Madrid yang kala itu juara Champions, menginginkan agar gelar juara diserahkan kepada Manchester United, Tak hanya itu, Real Madrid juga memberikan liburan gratis di Spanyol untuk korban yang selamat untuk menghilangkan rasa trauma. Madrid juga adakan pertandingan persahabatan untuk menggalang dana untuk MU.
Tidak hanya berupa materi, beberapa klub bahkan memberikan bantuan berupa pinjaman pemainnya. Liverpool yang juga menjadi rival MU di Liga Inggris meminjamkan lima pemainnya kepada Setan Merah tanpa harus membayar gaji pemain tersebut. Real Madrid juga ingin meminjamkan pemain terbaiknya kala itu, Ferenc Puskas, namun dilarang oleh FA karena ada aturan yang tidak memperbolehkan memiliki pemain yang tidak bisa berbahasa Inggris. Akhirnya Real Madrid berniat meminjamkan Alfredo di Stefano namun MU menolak karena tak mampu bayar gaji Stefano walau setengahnya.
Rival sekota MU, Manchester City akhirnya meminjamkan sejumlah pemainnya agar MU tetap berlaga di Liga Inggris. UEFA juga memerintahkan City untuk menggantikan United di kejuaraan Eropa, namun City menolaknya. Pihak Manchester City tidak ingin menghina dan menyakiti para suporter United yang sedang berduka.
Sepak bola bukan hanya soal berlaga di lapangan. Sepak bola merupakan soal solidaritas dan persahabatan. (LHA)
(diambil dari berbagai sumber)

Be the first to comment on "6 Februari, Mengenang Kembali Tragedi Munich Klub Manchester United"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: