fbpx

Film "Siti", Cerita Sederhana yang Memukau

IMG-20160203-WA0013
Bekasimedia – Film SITI dinobatkan sebagai film terbaik dan membawa pulang tiga Piala Citra pada ajang Festival Film Indonesia di antaranya adalah kategori Film Terbaik, Penulis Skenario Asli Terbaik, dan Penata Musik Terbaik. Selain di tanah air film Siti juga memenangkan berbagai penghargaan di festival film mancanegara.
Film Siti sendiri bercerita tentang ibu muda bernama Siti, seorang penjual Peyek Jingking di Parangtritis. Sejak suaminya sakit sepulang melaut, dan utang keluarga semakin menumpuk, Siti akhirnya memilih menjadi pemandu karaoke. Sejak saat itulah suami Siti, Bagus tidak lagi bicara padanya. Karaoke tempat Siti bekerja sempat ditutup polisi namun Siti bertemu seorang polisi yang akhirnya jatuh hati padanya.
Penghargaan yang diterima Siti ini sangat mengejutkan sutradara dan produsernya. Pasalnya, Eddie Cahyono sang sutradara film SITI tidak membayangkan atau mengharapkan apapun kecuali film SITI dapat “bertemu” dengan penontonnya.
Dengan pemain yang baru menginjakan kaki di dunia perfilman sangat tidak mudah untuk memainkan peran. Pemilihan pemain, kata Eddie tetap dengan melakukan casting. Dipilih mana yang sekiranya cocok. Misal tokoh Sri, adalah asli penyanyi dangdut.
Eddie menyampaikan bahwa sangat berat memilih pemain untuk peran Siti karena tonggak keberhasilan film ada di tangan pemeran utama. Sekar Sari, sang pemeran Siti dipanggil dua minggu sebelum syuting. Pada awalnya Sekar adalah pilihan kedua, tetapi karena pilihan pertama mengundurkan diri maka Sekar yang menjadi pilihan sutradara selanjutnya.
Film Siti yang dikemas dengan konsep hitam putih selain menggambarkan kehidupan Siti yang tidak berwarna juga karena budget yang minim. Tapi hal ini tidak membuat Eddie patah semangat dalam melanjutkan film tersebut sampai menemukan ide bahwa film Siti memang harus berwarna hitam putih.
“Sejujurnya kami benar-benar nggak pakai lighting karena memang ini film dengan budget minim. Lalu kita pilih hitam putih agar Feel-nya dapet juga,” ujar Eddie usai nobar dan Cinema Talk di Rumah Film Indonesia, Blitz BCP. (JJ1)
Image by Google

Be the first to comment on "Film "Siti", Cerita Sederhana yang Memukau"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: