fbpx

Modal Nekat, Mahasiswa ITS Bikin Robot Tank untuk Militer

image
Bekasimedia – Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Bachtiar Dumais Laksana beserta Adhitya Whisnu Pratama dan Muhammad Iqbal membuat kendaraan taktis mini tanpa awak pertama.
Tank robot yang dikendalikan lewat control tersebut dirancang, dirakit, dan diproduksi sendiri oleh ketiganya. Pembuatan tank robot tersebut bermula dari hobi ketiganya di dunia militer, dengan latar belakang sebagai lulusan elektro sejak duduk di SMK, mereka mulai mencoba merealisasikan mimpinya.
“Kemudian kami coba, ini itungannya nekat. Saya tanya ke Batalion Kavaleri sampai Kodam, yang berikan tanggapan positif Kodam Mulawarman dan Batalion Kavaleri 8. Jadi kemudian dengan konsep yang ada, kendaraannya saya sendiri inginnya berfungsi sebagai back up, di lapangan sebagai sweeper atau penyapu, setelah infantri masuk mampu di back up unit ini. Makanya mulai dari senjata sistem kami sesuaikan dengan tujuan aplikasi,” ujar Bachtiar menjelaskan.
Untuk mendukung aktifitas tersebut, mereka membuat perusahaan sendiri yang diberi nama BDL-Tech. Produknya sudah dilirik oleh Kodam VI/Mulawarman di Balikpapan, serta Batalion Kavaleri 8 Divisi Infantri 2 Kostrad di Bandung.
Semoga saja inovasi pemuda Indonesia dapat terus berjalan sehingga dapat memajukan Indonesia. (LHA)
dikutip dari merdeka.com

Be the first to comment on "Modal Nekat, Mahasiswa ITS Bikin Robot Tank untuk Militer"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: