fbpx

Detak Jantung Kini Bisa Diukur Secara Wireless

IMG-20160123-WA0023
 
Bekasimedia – Mengetahui detak jantung sering kali menggunakan alat yang bersentuhan langsung dengan tubuh. Namun kini teknologi terus berkembang. Terlebih lagi aplikasi dari teknologi wireless (tanpa kabel).
Sebuah penemuan terbaru kini memungkinkan pengukuran detak jantung seorang pasien yang dilakukan tanpa menggunakan kabel alias wireless.
Teknologi ini dikembangkan oleh sekelompok peneliti yang berasal dari Universitas Kyoto di Jepang.
Seperti di kutip dari Wired, teknologi ini juga dijalankan secara realtime. Untuk bisa mengukur detak jantung secara wireless, para peneliti pun memanfaatkan sebuah sensor khusus yang mampu menangkap sebaran spektrum serta algoritma analisis signal yang bisa mengindentifikasi sinyal dari tubuh. Sensor ini pun sebenarnya tak hanya mampu merekam detak jantung, namun juga bisa memunculkan data lain seperti gerakan tubuh atau napas.
Kehadiran teknologi ini pun diharapkan bisa memberikan kenyamanan bagi mereka yang terbiasa memakai perangkat pengukur detak jantung. Seperti diketahui alat pengukur detak jantung yang saat ini banyak digunakan baik itu stetoskop, fitness tracker dan lain-lain mengharuskan kontak secara langsung dengan tubuh.

(JM3)
Sumber: beritateknologi.com

Be the first to comment on "Detak Jantung Kini Bisa Diukur Secara Wireless"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: