fbpx

Serba-Serbi Sekolah: Sekilas tentang SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi

image
Bekasimedia – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Telekomunikasi Telesandi merupakan sekolah yang berdiri sejak tahun 2008. Sekolah ini berdomisili di Mekarsari Raya Jl. KH. Mochamad, Mekarsari – Tambun Selatan Kabupaten Bekasi.
Sekolah ini merupakan sekolah yang mengarah pada bidang teknologi dan komunikasi, sehingga dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang siap menghadapi perkembangan teknologi yang semakin pesat.
Di SMK Telesandi terdapat beberapa jurusan, antara lain:
Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) , Multimedia, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Switching dan Teknik Transmisi.
Jurusan tersebut dibuat agar sekolah dapat mencapai visi dan misi sekolah, yaitu menghasilkan lulusan yang memilki kemampuan untuk melakukan identifikasi, formulasi dan menyelesaikan masalah teknis dalam bidang teknologi dan informasi.
Setiap jurusan di SMK Telesandi memiliki materi pembelajaran yang berbeda-beda. Rekayasa Perangkat Lunak mempelajari cara menginstall, mengubah konfigurasi dan menjalankan sistem operasi pada perangkat lunak komputer.
Multimedia mempelajari cara membuat animasi, film, tipografi dan ilustrasi.
Teknik Komputer dan Jaringan mempelajari cara merawat, perbaikan, setting ulang sistem pada komputer.
Teknik Suitcing mempelajari cara mengoperasikan dan memelihara perkakas manual maupun elektrik, melakukan pemeriksaan spesifikasi rancangan dan melakukan penyambungan catu daya listrik (Power Up).
Teknik Transmisi mempelajari cara instalasi perangkat radio dan memahami pekerjaan instalasi dan prosedur interface OMC pada jaringan SDH dan PDH.
“Di sini Indah, dan sangat menyenangkan. Sangat menyenangkan bisa melihat murid-murid belajar dan selalu melaksanakan Shalat tepat pada waktunya,” kata salah seorang guru di SMK telesandi.
Guru-guru yang mengajar di SMK Telesandi pun harus bisa mengoperasikan komputer dengan baik. Meskipun guru tersebut merupakan guru yang mengajar mata pelajaran umum.
Selain mengarah pada bidang teknologi, sekolah ini juga menekankan siswa dan siswinya untuk selalu beribadah, terutama bagi yang beragama Islam. Kegiatan yang biasa dilakukan di sekolah adalah pelaksanaan shalat Dhuha dan tadarus Al-Qur’an di pagi hari, Shalat Dzuhur dan Ashar berjamaah. Kegiatan tersebut dilakukan agar siswa dan siswi SMK Telesandi menjadi orang-orang yang selalu dekat dengan Penciptanya.
Siswa dan siswi di SMK Telesandi sudah banyak yang meraih prestasi.
Beberapa prestasi yang telah diraih siswa siswi SMK Telesandi di antaranya Juara 1 Photography Competition tingkat SMA se-kota Bekasi, Juara 2 Madya Aksi Kreasi Anak Paskibra (AKSARA) di SMA 2 Tambun Selatan, Juara 2 Futsal putri di event Jayabaya futsal campionship 10th dan Juara 3 Lomba Stand di Event Expo Pendidikan.
SMK Telesandi sangat memberikan dukungan dan apresiasi terhadap siswa dan siswi yang berprestasi dengan cara memberikan beasiswa berupa pembebasan kepada siswa tersebut dalam pembayaran uang sekolah. Siswa yang mendapat beasiswa bukan hanya siswa yang berhasil dalam bidang akademik. Siswa yang berhasil dalam bidang non akademik juga bisa mendapatkan beasiswa.
Beasiswa yang diberikan bisa satu semester dan bisa juga satu tahun pembebasan bayaran, tergantung dari nilai dan prestasi yang siswa dapatkan dalam bidang akademik ataupun non akademik.
“Perasaan waktu dapet beasiswa itu seneng tapi campur aduk juga, ini berkat kerja keras sama do’a orang tua. Tips untuk dapat beasiswa itu yang pertama rajin belajar, giat usaha, minta do’a dari orang tua sama yang terakhir ikhtiar,” ujar Satria salah satu siswa yang mendapat beasiswa dari SMK Telesandi. (JM1)

Be the first to comment on "Serba-Serbi Sekolah: Sekilas tentang SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: