fbpx

Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan Anak

image
Bekasimedia – Meskipun rasanya asam, yoghurt sebetulnya baik, terutama untuk anak-anak dalam usia pertumbuhan.
Apa saja manfaat Yoghurt untuk si kecil?
1.  Membantu Penderita Intoleransi Laktosa 
Gula susu (laktosa) dalam yoghurt telah difermentasi yang sudah dipecah oleh bakteri lactobacillus bulgaricus, sehingga mudah diserap oleh tubuh anak, dan tidak menimbulkan diare.
2. Mencegah Pertumbuhan Kuman
Terhambatnya pertumbuhan sekaligus matinya kuman penyebab penyakit dalam lambung dan usus halus bisa menghindari munculnya berbagai penyakit akibat infeksi. Bakteri Lactobacillus Casei yang digunakan dalam pembuatan yoghurt terbukti mampu membunuh bakteri E-coli.
3. Menyembuhkan Diare
Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa dengan mengonsumsi yoghurt, dapat mempercepat penyembuhan diare, pada anak maupun orang dewasa. Hal ini karena bakteri yang terkandung dalam yoghurt mempertahankan keseimbangan nikroflora usus dengan jalan memproduksi zat-zat yang menghambat pertumbuhan bakteri jahat (patogen) dan menghalangi tempat perlekatan bakteri patogen tersebut.
4. Anti Kanker Saluran Cerna
Kanker saluran cerna sering terjadi di usus besar. Penyebabnya, antara lain terjadinya ketidak seimbangan di saluran cerna, sehingga menghasilkan penumpukan berbagai zat yang seharusnya terbuang. Bakteri-bakteri dalam yoghurt dapat memperbaiki ketidak seimbangan tersebut.
5. Menurunkan Kadar Kolesterol
Para ahli memperkirakan hal ini karena aktivitas bakteri hidup yang ada pada yoghurt.
Mengkonsumsi yoghurt secara teratur ternyata dapat menjaga kesehatan tubuh, tetapi jangan terlalu  berlebihan saat mengkonsumsi yoghurt ya, karena sifat asam yang terkandung dalam yoghurt dapat menyebabkan sakit perut apabila terlalu berlebihan mengkonsumsinya. Seperti dikutip dalam Line Fun. (JM2)
Gambar: pixabay

Be the first to comment on "Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan Anak"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: