fbpx

Perlintasan Kereta Tanpa Palang Otomatis; Antara Maut dan Sumber Rezeki

BEKASIMEDIA.COM – Saat ini masih banyak perlintasan kereta api yang tidak dilengkapi dengan palang pintu otomatis, sehingga keamanan warga ditentukan oleh kejelian mata penjaga yang harus menutup pintu secara manual jika dari kejauhan terlihat ada kereta yang akan melintas.

Salah satunya adalah perlintasan kereta api di Jalan Makam Pahlawan Bekasi Timur, perlintasan ini dijaga oleh seorang kakek yang kini janggutnya sudah memutih bernama Kusnadi. Disamping faktor keamanan dan keselamatan warga, perlintasan kereta ini menjadi sumber rezeki bagi para penjaga yang bertugas secara bergantian.

Pengaturan jadwal penjagaan menjadi faktor yang sangat diperhatikan, karena selain Kusnadi yang tempat tinggalnya di Cikarang, ada juga satu orang rekannya yang berasal dari Karawang.

“Dulu rumah saya deket rel kereta, tapi sekarang saya tinggal di Cikarang, di sini saya cuma ngontrak, itu temen saya yang lagi jaga tinggalnya malah di Karawang,” demikian cerita Kusnadi yang kini berusia 78 tahun, dari keterangan tersebut terungkap bahwa penjaga perlintasan kereta di wilayah Bekasi Timur ini berasal dari Cikarang dan Karawang.

Kusnadi menambahkan, “ada juga sih anak anak muda sini yang minta jatah jaga di sini, akhirnya saya kasih jatah jaga ke mereka”.

Semoga pemerintah bisa memperhatikan aspek keselamatan dan juga kesejahteraan para penjaga pintu perlintasan kereta tanpa palang yang sudah mengabdi puluhan tahun seperti Kusnadi. (Dhy)

Be the first to comment on "Perlintasan Kereta Tanpa Palang Otomatis; Antara Maut dan Sumber Rezeki"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: