fbpx

Inilah Perbedaan E-mail Spam VS E-mail Marketing

BEKASIMEDIA.COM – Belakangan ini kita sering menemukan e-mail yang berupa Spam (baik promosi ataupun virus) juga e-mail yang berupa promosi dari perusahaan atau pribadi. Berikut bekasimedia mencoba membagikan beberapa kriteria tersebut dilansir dari http://ift.tt/QW6asU.

Kalau e-mail Spam, pengiriman pesannya dalam kapasitas besar sedangkan e-mail marketing, pengiriman pesannya dilakukan dalam bentuk masal. E-mail Spam, hanya sebagian yang komersial sedangkan e-mail Marketing, semua e-mailnya dalam bentuk komersial. E-mail Spam, bisa berbahaya dan bisa juga tidak sedangkan e-mail marketing, tidak peduli bahaya atau tidak yang penting dikirim.

E-mail Spam dalam pengirimannya tidak perlu izin dulu ke penerimanya sedangkan e-mail Marketing selalu izin dulu sebelum e-mail tersebut dikirim.

Dalam perbandingan data terbaiknya, e-mail Spam diperoleh dari sumber yang meragukan, menggunakan taktik yang ilegal dan aplikasinya tidak mendapatkan persetujuan dari dunia maya sedangkan e-mail Marketing didapat dari print out, formulir pendaftraan online, hasil kuis dan penawaran hadiah.

Dari segi segmentasi, e-mail Spam tidak mempunyai segmentasi secara khusus sedangkan e-mail Marketing mempunyai segmentasi pada kepentingan, umur dan lokasi geografis.

Dalam segi konten, e-mail Spam tidak mempunyai kepentingan namun biasanya terdiri dari: iklan, harga, propanda, penawaran dan penipuan sedangkan e-mail Marketing berguna, menambah nilai dan penerimanya menganggap berharga juga biasanya terdiri dari: sesuatu yang baru di dunia industri, berita hari ini, petunjuk/tips atau rekomendasi, promo mingguan, pengucapan selamat ulang tahun, hadiah & kupon diskon.

Dari segi judul, pada e-mail Spam terjadi pergeseran judul, banyak terdapat tanda seru dan sering menyesatkan serta palsu sedangkan pada e-mail Marketing, dibuat dengan cara yang strategis, tanpa trik dan penipuan juga memperkenalkan konten dari pesannya.

Dalami segi gaya penyampaian, e-mail Spam secara umum berusaha booming dan kurang dalam penataan sedangkan e-mail Marketing dibuat dengan segala cara dan terstruktur serta terorganisir.

Dari perbandingan dalam link untuk berhenti berlangganan, e-mail Spam memiliki beberapa pilihan, langsung dihapus eksistensinya sebagai pengguna dan jangan buka pesan jika menggunakannnya sedangkan e-mail Marketing selalu memilik pilihan dan langsung dihapus dari daftar distribusi.

Dalam segi frekuensi, e-mail Spam pengirimannya konstan dan tidak mempunyai rencana strategis untuk melakukannya, sedangkan e-mail Marketing memiliki rencana pengiriman yang melekat pada strategi komunikasi dan tepat waktu.

Dan terakhir dari segi tujuan, e-mail Spam bertujuan memiliki banyak penjualan di bidang ritel dalam waktu yang bebas, sedangkan e-mail Marketing bertujuan menciptakan hubungan yang menghasilkan prospek penjualan.

Demikian perbedaan e-mail yang berupa spam dan e-mail yang bertujuan untuk penjualan, dengan mengetahui perbedaannya kita jadi bisa mengantisipasinya. [Miko/mk]

Be the first to comment on "Inilah Perbedaan E-mail Spam VS E-mail Marketing"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: