Rabu, Desember 1, 2021
Beranda Event U-Care Indonesia Kerjasama dengan Karang Taruna Program Muda Digdaya dan RW Jawara

U-Care Indonesia Kerjasama dengan Karang Taruna Program Muda Digdaya dan RW Jawara

BEKASIMEDIA.COM – Ahad (31/10/2021) bertempat di Stadion Patriot Chandrabhaga, Lembaga Amil Zakat U-Care Indonesia Melaksanakan penandatangan piagam kerjasama dalam rangka program Muda Digdaya antara U-care Indonesia dengan karang taruna. pada kesempatan ini disaksikan langsung oleh wali kota Bekasi sebagai sebuah upaya terobosan di lembaga amil zakat dalam rangka membangkitkan anak-anak muda di kota Bekasi.

“Program Muda Digdaya ini menyikapi
bonus demografi di Kota Bekasi yang 72 persen. Kami ingin mengurangi dampak negatif bonus demografi sehingga mencegah terjadinya pengangguran. kalau ini program pemerintah salah penanganan maka pengangguran dan kemiskinan di Kota Bekasi akan meningkat, maka untuk itulah kita berkolaborasi dengan karang taruna dalam rangka mencegah dampak negatif dari bonus demografi,” kata M. Anwar Mughni, Direktur U-Care Indonesia kepada Bekasimedia.

Penandatanganan tersebut disaksikan langsung oleh Wali Kota Bekasi, Ketua DPRD dan beberapa stakeholders terkait di Kota Bekasi.

Mengenai sinergi konkret dengan pemerintah sendiri, ia mengatakan U-Care memiliki program RW jawara.

“Sinergi konkret kami punya RW Jawara.
RW jawara ini adalah program community development, yang mana kami menggerakkan anak-anak muda karang taruna menjadi fasilitator kami untuk setiap kelurahan. Setiap kelurahan ini ada perwakilan. Harapan kami MoU dengan dengan karang taruna ini maka yang diutus adalah benar-benar anak muda yang aktif yang memiliki jiwa sosial. Kenapa kami dengan karang taruna? Karena visi kami sama memiliki jiwa sosial dengan karang taruna,” jelasnya.

Dirinya berharap nanti beberapa anak muda dikirim oleh masing-masing karang Taruna kelurahan untuk mengikuti manajemen training dalam rangka menjadi fasilitator Muda Digdaya.

“Alhamdulillah Pemkot sangat mendukung sinergi kami karena menyelesaikan potensi anak muda tidak bisa pemerintah sendiri. Bahkan kami mengajak dinas sosial dan stakeholders terkait,” ujarnya.

Selain itu sinergi lain juga akan dilakuan dengan koperasi induk bank sampah kota Bekasi.

“Kami akan bersinergi dengan koperasi induk bank sampah kota Bekasi.
Kami sedang menjajaki karena
RW jawara juga ada program pengelolaan bank sampah.
Apalagi pengelolaan sampah di kota Bekasi sudah ada peraturannya,” tukasnya.

Program terdekat U-Care setelah MoU kaya Anwar adalah melakukan manajemen training kepada anak muda di 56 kelurahan.

“Harapan kami ini bisa mempercepat pendekatan kami dengan RW jawara. Program ini ada di bawah etalase RW Jawara. Maka dari itu kami gandeng karang taruna RW kelurahan. Dan kota Bekasi. Kami sudah intervensi di 8 RW masing-masing 10-15 anak muda untuk dibina. Di antaranya di Bojong Menteng dan Mustikajaya. Di beberapa kecamatan misalnya di Bekasi timur ada Bekasi Selatan juga ada Dalam rangka percepatan karena mengurangi dampak Bonus demografi,” imbuhnya.

Kolaborasi lainnya juga dilakukan dengan HIPMI kota Bekasi dalam rangka kontribusi konkret terkait pemberdayaan UMKM anak muda kota Bekasi.

“U-Care perdana mempelopori. Kami juga berkolaborasi dengan lembaga amil zakat yang lain, HIPMI, seluruh elemen masyarakat lain. Dengan HIPMI ada kontribusi konkret terkait UMKM anak muda. Mohon doa saja,” tukasnya.

Terakhir dirinya berharap pandemi segera usai sehingga program U-Care bisa berjalan dengan efektif dan bisa mengangkat potensi anak muda. (Denis)

RELATED ARTICLES

Most Popular