BEKASIMEDIA.COM

Menu

Mode Gelap
Soal Kisruh Data PKH Ini Penjelasan, Anggota DPRD Enie Widhiastuti Ketua Fraksi PKS Kota Bekasi Terkait TKK Minta Pemkot Lakukan Langkah Ini Bawaslu Kota Bekasi Ingatkan di Masa Sosialisasi Para Caleg dan Partai Pahami Aturan yang Berlaku Islamic Book Fair 2023: Memperkenalkan Buku sebagai Pilar Peradaban Dishub Kota Bekasi Batasi Operasional Kendaraan Besar, Khusus Kendaraan Sumbu Tiga Keatas

Bekasi On Frame · 31 Jan 2015 WIB ·

Ada Penampakan Di Ruang Dalam Gedung Juang 45 Bekasi


 Ada Penampakan Di Ruang Dalam Gedung Juang 45 Bekasi Perbesar

IMG_1107

Setelah pekan sebelumnya, bekasimedia.com mengekplorasi sisi luar gedung Juang 45 Tambun Bekasi, kali ini kami akan mengajak anda untuk berkunjung ke sisi dalam gedung peninggalan sejarah yang hingga kini masih berdiri
tegak itu.

Walaupun banyak sekali pemandangan miris disana-sini, setidaknya bangunan itu masih berdiri dan masih bisa diselamatkan.

Melangkah masuk kedalam gedung, seperti melangkah ke masa lalu. Memutar waktu menuju masa dimana mereka – para pejuang negeri ini –  merumuskan segala cara untuk membuat negeri ini bebas merdeka.

Terlintas dalam benak wajah-wajah itu. Wajah berbaju safari dengan celana pendek. Ia memarkir sepedanya di halaman gedung lalu masuk kedalam, didadanya tersemat merah putih. Bertemulah Ia dengan kawannya lalu memekik salam “merdeka..!”

Membahana seisi ruang. Terdengar nyaring penuh semangat.
IMG_1096

Kini pemuda gagah yang tersemat didadanya merah putih itu berdiri di depan pintu. Pandangnya menatap kearah luar, kearah jalanan yang menghubungkan Karawang-Bekasi. Ia mengambil nafas panjang. Memandangi lalu lalang.,

Sekarang kita tinggalkan pemuda itu dengan segala ingatannya. Biarkan ia menikmati masa-masa indahnya. Mari kita kembali ke masa sekarang, masa dimana gedung itu tak terawat dengan baik.

Siapkanlah masker penutup hidung !

Bau menyengat tercium tajam. Makin kedalam makin bau. Jejak kelelawar dan tikus dimana-mana. Dinding yang kusam dan kotoran kelelawar yang tak habis terhapus air hujan, menghiasi anak tangga.

Menatap langit-langit, kebocoran demi kebocoran terlihat jelas. Bukan “bocor” seperti yang menjadi bumbu penyedap debat pemilu presiden tahun lalu. Tapi ini bocor yang sebenarnya. Bocor yang mengakibatkan banyaknya jejak air hujan dibagian dalam gedung.

Dari keseluruhan perjalanan, dari pinggir jalan besar  hingga masuk kebagian dalam gedung, kami mengambil kesimpulan bahwa gedung ini sangat tidak terawat. Padahal jika dirawat dengan baik, maka gedung ini akan menjadi daya tarik tersendiri. Bisa menjadi penghasilan tambahan bagi Kabupaten  Bekasi.

Gedung ini bisa dijadikan museum, tempat menyimpan peninggalan masa lalu seputar Bekasi. Lalu di halaman gedung dibangun semacam pendopo untuk pentas seni dan taman untuk rakyat.
Masih ada waktu untuk itu, karena gedung JUANG 45 TAMBUN BEKASI belum rata dengan tanah ! (dhy/eas)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Akan Digelar Di Taman Kota, Ketua Umum Qur’anic Relationship Ajak Pemuda Bekasi Mengaji

28 Maret 2024 - 23:54 WIB

Hari Kelima Ramadhan, Santri Ponpes Nuu Waar Sukses Khatam Alquran 3900 Kali

17 Maret 2024 - 19:01 WIB

Pemkot Bekasi Bakal Adakan Lomba Teknologi Tepat Guna Sediakan Total Hadiah Uang Ratusan Juta Rupiah

13 Maret 2024 - 22:53 WIB

Pendaftaran Calon Ketua PWI Bekasi Periode 2024-2027 Sudah Dibuka, Minimal Wartawan Madya

13 Maret 2024 - 14:11 WIB

Sambut Hari Jadi Ke 27 Pemkot Bekasi Gelar Bekasi Ethnic Food

7 Maret 2024 - 13:55 WIB

Pemkot Bekasi Sosialisasikan BISKITA Trans Bekasi Patriot Rute Summarecon Bekasi – Vida Bantargebang

27 Februari 2024 - 10:34 WIB

Trending di Bekasi On Frame