fbpx

KH Hilmi Aminuddin, Alumnus Tebuireng dan Pendiri PKS Itu kini Telah Tiada

BEKASIMEDIA.COM – Tokoh pendiri PKS, KH Hilmi Aminuddin meninggal dunia , Selasa (30/6/2020) siang ini pukul 14.24 WIB di Rumah Sakit Santosa Sentral Bandung Jawa Barat.

Hilmi Aminuddin pernah menjadi Ketua Majelis Syuro PKS dari tahun 2005 hingga tahun 2015. Awal kepemimpinannya saat menggantikan ketua Majelis Syuro sebelumnya KH Rahmat Abdullah yang meninggal dunia.

Jauh sebelum PKS berdiri, pada tahun 1980an ia sudah dikenal sebagai mubaligh yang bisa menjangkau berbagai lapisan masyarakat. Dari warga perkampungan, remaja hingga mahasiswa di kampus-kampus.

Hilmi Aminudin dikenal sebagai Alumni Arab Saudi seperti Habib Salim Segaf Al Jufri dan Hidayat Nur Wahid. Tepatnya dari Fakultas Syariah Universitas Islam di Madinah.

Masih ada yang belum tahu, bahwa proses pendidikan Hilmi Aminuddin bermula dari Pesantren Nadhlatul Ulama (NU).

Pada usia enam tahun, Hilmi Aminuddin kecil sudah merantau dari Tasikmalaya Jawa Barat ke arah timur. Ia mendaftar dan menjadi santri di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur. Di Pondok pesantren yang didirikan KH Hasyim Asyari inilah ia memulai proses belajarnya. Lulus dari pesantren NU ini, ia berkelana ke sejumlah pesantren di Jawa.

Kepada Gus Solah, suatu ketika saat datang ke Tebuireng dalam peringatan 100 hari Gus Dur, Hilmi Aminuddin mengatakan kedatangannya ke Tebuireng juga untuk bernostalgia.

Selamat jalan Ustadz Hilmi Aminuddin.

 

 

 

%d blogger menyukai ini: