fbpx

Pemkot Bekasi Akan Hentikan Program KS-NIK

KARTU SEHAT BEKASI

BEKASIMEDIA.COM – Pemerintah Kota Bekasi akhirnya menghentikan sementara program Kartu Sehat berbasis Nomor Induk Kependudukan (KS-NIK). Surat Edaran (SE) Walikota bernomor 440/7994/Dinkes memperkuat keputusan tersebut.

Dalam Surat edaran yang ditujukan kepada Asosiasi Rumah Sakit Swasta Cabang Kota Bekasi, direktur rumah sakit yang bekerja sama dengan Jamkesda KS-NIK Kota Bekasi tahun 2019, dan direktur klinik rumah sakit yang bekerja sama dengan Jamkesda KS-NIK Kota Bekasi tahun 2019 disebutkan, KS NIK akan dihentikan mulai tanggal 1 Januari 2020.

Di dalam surat tertulis jelas alasan pemkot Bekasi memberhentikan layanan KS-NIK lantaran tidak diperkenankan mengelola sendiri (seluruhnya) jaminan kesehatan daerah dengan manfaat yang sama dengan Jamkesnas. Termasuk mengelola Jamkesda dengen skema ganda.

Selanjutnya Pemkot akan merumuskan kebijakan pelayanan kesehatan bersifat komplementer yang tidak tumpang tindih dengan JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Hal ini terkait dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 33 tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah tahun anggaran 2020. Penghentian tersebut juga tidak dicantumkan batas waktu hingga kapan diaktifkan kembali. (*)

%d blogger menyukai ini: