fbpx

Smart Menggunakan Media Sosial dan Konten Kreator

BEKASIMEDIA.COM – Sabtu, 17 November 2018, Tim Z-Generation dari jurusan “Broadcasting dalam kegiatan” yang merupakan para mahasiswa Universitas Mercu Buana kampus D, fakultas Ilmu Komunikasi, Jurusan Broadcasting menggelar kegiatan “Literasi Media Sosial dalam Penggunaan Media Sosial” di SMP 196 Jakarta Timur.

Pemilihan tempat di Institusi atau lembaga pendidikan lantaran sekolah masih membutuhkan nilai-nilai tentang penggunaan media sosial yang baik. Minimnya pengetahuan tentang cara dan aturan dalam bersosial media dan juga pentingnya penggunaan media sosial dengan cara yang positif.

Kegiatan ini bertujuan mengajarkan kepada mereka bagaimana cara membuat konten kreatif yang sesuai dengan aturan yang ada. Dan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kepemilikan Gadget oleh pelajar Sekolah SMP yang sudah berbasis internet.

Tim Z-Generation membagi masing-masing kelompok dengan 2 mentor dalam 1 kelompok. Pembagian kelompok ini bertujuan untuk melihat hasil dari ide-ide konten video yang akan di buat dengan peralatan seadanya yaitu “Gadget atau Smartphone”.

Pelajar SMP 196 akan bekerja sama dengan masing-masing kelompoknya dalam pembuatan video yang mengikuti standart produksi penyiaran yaitu; Pra Produksi, Produksi dan Pasca Produksi. Dimana pada tahap Pra Produksi pelajar SMP 196 mencari ide dan menerapkan ide.

Pada tahap Produksi pelajar SMP 196 mulai melakukan proses shooting dengan masing-masing konsep konten video yang mereka telah mereka dapatkan dari ide mereka sendiri dengan bantuan arahan dari mentor-mentor mereka.
Seperti dari salah satu kelompok membuat konten video tentang “Tutorial Makeup Hijab Ala-ala Pelajar Masa Kini”. Kelompok ini mengambil konsep ini karena mereka beranggotaan perempuan semuanya. kelompok ini juga suka menggunakan makeup yang natural saat hendak bepergian ke mall ataupun ke suatu acara.

Proses shooting dilakukan masih di sekolah di dalam sebuah ruangan yang jauh dari kebisingan yaitu ruang laboratorium, dengan peralatan sebuah 1 HP saja. Kelompok ini juga sudah mempersiapkan peralatan berupa wardrobe yaitu costum (pakaian & hijab), dan juga makeup. Sebelum take video dimulai, para mentor menjelaskan kembali bagaimana cara kerja dari jobdesk seperti Produser, Campers, Talent, Editor dll. Supaya pelajar SMP 196 ini bisa menerapkan ilmu ini jikalau ingin menjadi broadcaster nantinya.

Tidak kalah juga dari kelompok lainnya masih banyak konten video yang tidak kalah seru yang mereka buat. Berbagai macam konten video kreatif yang dituangkan sehingga para pelajar SMP 196 terlihat antusias dalam Proses Produksi. Setelah itu memasuki Pasca Produksi yaitu Para Pelajar SMP 196 melakukan proses editing dengan kembali lagi menggunakan aplikasi editing di “HP” saja.

Kami memang menerapkan perspektif bahwa suatu kreativitas tetap akan bisa terukir dengan peralatan yang seadanya, tidak memerlukan Kamera yang mahal dan perlengkapan shooting mahal lainnya. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dosen Mata Kuliah Peduli Negeri Universitas Mercu Buana, Dr. Santa Lorita Simamora. Menurut Ibu Santa, “Literasi Media Sosial bagi kalangan Pelajar SMP sangat berguna untuk membagikan ilmu tentang bermedia sosial yang baik, karena maraknya penggunaan media sosial yang berdampak negatif”.

Perlu diingatkan lagi, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan ketiga dari empat kegiatan yang dilaksanakan sejan bulan Oktober. Sebelumnya (20/10), Tim Z-Generation telah melaksanakan kegiatan Literasi Media Sosial yang merupakan kegiatan awal untuk membagikan ilmu tentang cara yang baik dalam Penggunaan Media Sosial dengan mengajak para pelajar SMP 196 berinteraksi aktif untuk melakukan tanya jawab seputar Media Sosial.

Nantinya di kegiatan terakhir pada bulan Januari, Tim Z-Generation akan melakukan kegiatan “ Upload Hasil Video” dimana para pelajar SMP 196 akan mengupload hasil video mereka ke channel Youtube mereka masing-masing dan instagram Z-Generation.

Tim Z Generation

Yudi Nugraha

Be the first to comment on "Smart Menggunakan Media Sosial dan Konten Kreator"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: