Memahami Karakter Pasangan, Meminimalisasi Konflik

ilustrasi/boldsky.com

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia ciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya. Dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Se sungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir,” (QS ar-Ruum [30]: 21).

Keharmonisan pernikahan suami dan istri adalah bagaiman suami & istri bisa menjaga komunikasi. Komunikasi insya Allah dapat membuat suasana menjadi lebih tentram tidak tegang, betul?

Dibutuhkan cara yang tepat dan efektif, agar supaya keharmonisan bisa berjalan lama. Tidaklah mudah menyatukan hati dan pola pikiran dua anak manusia, yang berbeda karakter, pola pikir dan latar belakang serta perbedaan pola asuh.

Diperlukan kesabaran yang luar biasa dalam menghadapi masa-masa adaptasi dan belajar untuk saling memahami pasangan suami atau istri. Dibutuhkan waktu untuk memindahkan alam ideal ke realita.

Banyak kerikil yang harus dilalui, masalah-masalah yang dihadapi di awal-awal atau di pertengahan pernikahan, sandungan-sandungan ini, dikarenakan pasangan belum benar-benar memahami karakter masing-masing, sehingga terkadang tidak memahami bagaimana gaya komunikasi yang tepat.

Inilah pentingnya untuk belajar memahami karakter pasangan,  yang dengannya kita bisa memahami, bagaimana proses komunikasi kita untuk mempersempit konflik yang akan datang.

Kebutuhan perempuan dan laki-laki, secara psikologis berbeda, mulai dari cara berkomunikasi, bersikap, cara menyelesaikan masalah dan lainnya. Inilah pentingnya, untuk belajar saling memahami karakter masing-masing pasangan.

Banyak cara untuk mengetahui karakter pasangan suami dan istri. Metode yang dilakukan oleh kang Iman (Terapi & Konsultasi Keluarga) dalam membantu permasalahan yang muncul didalam hubungan suami istri.

Penulis: Kang Iman – Konsultan & Terapi Keluarga, Klinik Aromata Smile House Bandung, Info layanan hub. 0822 4066 6891 / 0822 1744 1162

Be the first to comment on "Memahami Karakter Pasangan, Meminimalisasi Konflik"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*