BEKASIMEDIA.COM

Menu

Mode Gelap
Soal Kisruh Data PKH Ini Penjelasan, Anggota DPRD Enie Widhiastuti Ketua Fraksi PKS Kota Bekasi Terkait TKK Minta Pemkot Lakukan Langkah Ini Bawaslu Kota Bekasi Ingatkan di Masa Sosialisasi Para Caleg dan Partai Pahami Aturan yang Berlaku Islamic Book Fair 2023: Memperkenalkan Buku sebagai Pilar Peradaban Dishub Kota Bekasi Batasi Operasional Kendaraan Besar, Khusus Kendaraan Sumbu Tiga Keatas

Akademia · 10 Jul 2024 08:39 WIB ·

Mahasiswa Universitas Presiden Bangun Pojok Baca Tingkatkan Literasi Anak Panti Asuhan


 Mahasiswa Universitas Presiden Bangun Pojok Baca Tingkatkan Literasi Anak Panti Asuhan Perbesar

BEKASIMEDIA.COM – Mahasiswa Teknik Industri Kelas 2 Kelompok 1 Universitas Presiden Bekasi sukses menggelar acara social project mereka yang diselenggarakan oleh Love and Care Community di Yayasan Panti Asuhan Gema Insan Amanah, Cikarang Utara, Kabupaten
Bekasi, Jawa Barat.

Kegiatan ini merupakan acara yang memberikan wadah bagi anak anak panti asuhan untuk berbagi wawasan baru dan pemahaman yang lebih mendalam mengenai kemampuan membaca, menganalisis, menyampaikan pendapat didepan umum, serta berkomunikasi dengan baik.

Dalam upaya untuk memberikan dukungan dan inspirasi kepada anak-anak yang tinggal di panti asuhan, Love and Care Community dengan bangga mengumumkan peresmian Pojok Baca di Yayasan Gema Insan Amanah.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen komunitas tersebut untuk meningkatkan literasi dan memberikan akses yang lebih luas terhadap pendidikan bagi anak-anak yang kurang beruntung. Anak anak yang berada di lokasi tersebut juga turut berpartisipasi dengan
antusias dalam acara ini,” ujar Ivana SintaUli Manurung pada Sabtu, (29/6/2024).

Acara ini diisi dengan tema “ Dari Hati Untuk Generasi “ yang memiliki arti menekankan pentingnya kepedulian dan kasih sayang yang tulus dalam membangun masa depan anak-anak.

Pojok Baca ini dibangun bukan hanya sekedar tempat untuk membaca buku, tetapi juga simbol dari perhatian dan
cinta yang disalurkan komunitas ini kepada generasi penerus. Dengan menyediakan akses melalui pengetahuan dan wawasan melalui buku, Love and Care Community berharap dapat membantu anak-anak penerus bangsa dalam meraih impian dan mencapai potensi penuh mereka. Inisiatif ini menunjukkan bahwa dari hati yang peduli, lahir generasi yang berdaya dan penuh harapan.

Acara ini dimulai dari sharing session yang dibagi menjadi beberapa kelompok dan terdapat fasilitator di dalamnya bertujuan untuk menciptakan interaksi yang bermakna antara panitia pelaksana dan anak-anak Yayasan Panti Asuhan Gema Insan Amanah.

Melalui sesi ini, para panitia dapat berbagi cerita, pengalaman, dan pengetahuan yang menginspirasi serta memotivasi anak-anak yang berada disana. Sharing session juga memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk berbicara dan mengekspresikan diri mereka dan dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dan rasa dihargai.

Setelah sharing session selesai, perwakilan setiap kelompok diberi kesempatan untuk menyampaikan
kembali pembahasan yang sudah dibahas sebelumnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum bagi anak-anak panti asuhan, sehingga mereka dapat lebih percaya diri dalam berkomunikasi dan mengekspresikan diri.

Dalam sesi ini, anak-anak panti asuhan diajak untuk berbicara di depan teman-teman mereka mengenai pengalaman pribadi
atau cerita singkat. Hal ini diharapkan dapat membantu mereka untuk terbiasa berbicara di depan orang banyak dan pastinya akan membantu mereka diberbagai aspek kehidupan di masa depan.

Kegiatan selanjutnya yaitu storytelling, di sesi ini salah satu panitia bercerita mengenai Timnas Indonesia. Storytelling dapat menjadi alat yang efektif untuk merangsang kreativitas, meningkatkan
keterampilan komunikasi, dan memupuk kemampuan berpikir kritis pada anak-anak.

Pada akhir sesi storytelling, panitia tersebut mengajukan beberapa pertanyaan kepada anak-anak untuk mendorong mereka berpartisipasi aktif. Pertanyaan-pertanyaan ini bertujuan untuk mengajak anak-anak menganalisis cerita, dan menyampaikan pendapat mereka di depan umum. Melalui proses ini.

Anak-anak tidak hanya belajar memahami dan menghargai cerita, tetapi juga mengembangkan
keterampilan berbicara dan berpikir kritis yang penting untuk kehidupan mereka di masa depan.

Acara dilanjutkan dengan reading session, yang dimana anak anak Yayasan Panti Asuhan Insan Amanah masing masing diberikan satu buku untuk dibaca selama 30 menit. Setelah menyelesaikan bacaan mereka, setiap anak diberi kesempatan untuk menyampaikan kembali isi buku yang telah mereka baca di depan teman-temannya dan panitia yang berada di lokasi tersebut.

Dengan penuh percaya diri, mereka menceritakan kembali alur cerita, karakter, dan pelajaran yang dapat diambil dari buku tersebut. Aktivitas ini tidak hanya membantu mereka memahami dan mengingat isi buku dengan lebih baik, tetapi juga melatih keterampilan berbicara di depan umum, meningkatkan rasa percaya diri, dan kemampuan untuk menyampaikan ide-ide mereka dengan jelas dan terstruktur.

Setelah reading session selesai, panitia langsung memperkenalkan inisiatif baru yang sudah dibentuk yaitu pojok baca, bertujuan untuk mendorong minat baca dan meningkatkan literasi anak-anak.

Dalam sesi ini, anak-anak diajak untuk mengeksplorasi berbagai jenis buku yang tersedia, mulai dari cerita bergambar, dongeng, hingga pengetahuan umum. Tujuan dari perkenalan inisiatif terbaru ini adalah untuk
menumbuhkan kebiasaan membaca sejak dini, memperluas wawasan, dan mengembangkan imajinasi anak-anak. Selain itu, melalui kegiatan ini anak-anak juga dilatih untuk berpikir kritis, meningkatkan kemampuan komunikasi, dan membangun rasa percaya diri dalam
menyampaikan pendapat di depan umum.

Pojok baca diharapkan menjadi tempat yang menyenangkan dan inspiratif bagi anak-anak untuk belajar dan bertumbuh. Sebagai bentuk penghargaan dan keberanian anak-anak Yayasan Panti Asuhan Gema Insan Amanah dalam mengikuti kegiatan membaca dan menyampaikan pendapat mereka, para panitia memberikan makan siang bersama yang istimewa, dan snack.

Anak-anak dengan senyum lebar menikmati hidangan yang telah disiapkan dengan penuh kasih. Momen makan bersama ini tidak hanya sebagai bentuk apresiasi, tetapi juga sebagai kesempatan untuk mempererat kebersamaan dan rasa kekeluargaan di antara mereka.

Melalui penghargaan ini, diharapkan anak-anak semakin termotivasi untuk terus berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan positif di panti asuhan, serta mengembangkan rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi mereka.

Ivana SintaUli Manurung, Ketua Pelaksana Social Project ini, mengucapkan terima kasih yang tulus kepada semua yang telah terlibat dalam kegiatan ini. Antusiasme dan kerjasama yang telah ditunjukkan oleh setiap anggota tim serta partisipasi aktif dari anak-anak panti asuhan telah membuat kegiatan ini sangat berarti.

Semoga kegiatan ini tidak hanya memberi manfaat langsung, tetapi juga meninggalkan jejak positif dalam kehidupan mereka. Dia juga berharap bahwa semangat untuk berbagi dan peduli terhadap sesama terus membara dan berterima kasih atas dukungan dan kerja keras semua pihak yang telah membuat social project ini berhasil.

Love and Care Community telah sukses menghadirkan kegembiraan dan manfaat langsung bagi anak-anak Yayasan Panti Asuhan Gema Insan Amanah. Melalui pembukaan pojok baca dan pelatihan public speaking, Love and Care Community berharap telah memberikan mereka alat untuk
mengembangkan keterampilan literasi dan berbicara di depan umum yang sangat berharga.

Ini adalah langkah kecil dalam membantu anak anak mempersiapkan masa depan yang cerah. Komunitas ini mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan mendukung segala kegiatan yang ada, serta berharap semangat kebaikan ini akan terus membara di
dalam Love and Care Community.

Penulis: Ivana SintaUli Manurung
ivana.manurung@student.president.ac.id

 

Artikel ini telah dibaca 49 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Stand Up for Stunt Out: Kegiatan Melawan Stunting dari Mahasiswa LSPR dan Gizi Untuk Negeri

23 Juli 2024 - 18:11 WIB

Makan Sepuasnya di Wajik Resto & Cafe Luminor Hotel Jakarta Kota Bercitarasa Authetic Jepang

23 Juli 2024 - 13:09 WIB

Sinergi dalam Keceriaan Bersama Santika Fair B2B Jakarta & Media Gathering

21 Juli 2024 - 05:10 WIB

Promosikan Judi Online, Selegram Cantik Di Amankan Polsek Tambun

20 Juli 2024 - 13:47 WIB

Kebakaran di Komplek Deperla Bekasi Timur, Korban Mengungsi

20 Juli 2024 - 13:42 WIB

Kebakaran di Bekasi

Sekda Serahkan Penghargaan Kepada Pemenang Abang Mpok Kota Bekasi Tahun 2024

15 Juli 2024 - 11:18 WIB

Trending di Berita Terbaru