Pola Hubungan Pasutri

Ilustrasi Pasutri (Today.kz)

Hubungan suami dan istri menjadi bahan yang tidak habis-habisnya diperbincangkan. Hubungan suami dan istri erat kaitannya dengan pola komunikasi.

Komunikasi pun ada yang formal, ada yang informal, ada yang verbal, ada juga yang nonverbal. Di zaman milenial sekarang ada lagi yang disebut komunikasi online dan offline. Komunikasi begitu sangat berkembang sesuai zamannya. 

Kaitan antara komunikasi dengan pola hubungan suami dan istri, seharusnya pola hubungannya pun ikut berkembang, tapi pada kenyataannya tidak.

Perlu diingat kembali, bahwa komunikasi merupakan kebutuhan alami manusia. Setiap manusia yang normal membutuhkan sebuah “hubungan”, supaya kehidupannya berjalan dengan baik, selain hubungannya dengan Sang Pencipta.

Maka yang perlu disadari adalah, manusia diciptakan berbeda-beda tidak sama dengan yang lain, walaupun kembar sekalipun. Keunikan manusia itu terlihat dari kepribadiannya. Dengan pribadi-pribadi yang berbeda ini dapat disatukan dengan sebuah komunikasi yang unik pula.

Suami dan istri adalah pasangan yang awalnya adalah seseorang yang individual, sebagai laki-laki dan perempuan. Tambah rumit lagi, perbedaan jenis kelamin pun, cara berpikirnya juga sangat berbeda, apalagi komunikasinya.

Dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa :

1. Suami dan Istri adalah pasangan manusia yang unik, memiliki kepribadian yang sangat berbeda.

2. Suami dan Istri harus memiliki pola hubungan yang pas, dengan cara memahami cara berkomunikasi yang tepat, baik formal atau informal atau verbal dan nonverbal.

3. Suami dan Istri harus dapat mempelajari kepribadian yang unik pasangannya, pelajari suami dan istri kita.

Semoga kita adalah suami dan istri yang bisa berkembang sesuai zaman, dan selalu dapat membuat pola hubungan yang baik dengan komunikasi yang baik pula.

Penulis: Kang Iman – Konsultan & Terapi Keluarga, Klinik Aromata Smile House Bandung, Info layanan hub. 0822 4066 6891 / 0822 1744 1162

Be the first to comment on "Pola Hubungan Pasutri"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*