Nilai UN Kota Bekasi Anjlok, Walikota Terpilih Harus Evaluasi Kadisdik

BEKASIMEDIA.COM – Pemerhati pendidikan kota Bekasi, Sardi Effendi menyatakan anjloknya nilai Ujian Nasional (UN) di kota Bekasi tidak terlepas dari peran serta Dinas Pendidikan (Disdik) kota Bekasi sebagai leading sector. Hal itu ia katakan kepada bekasimedia.com, Selasa, (10/7/2018)

Mantan anggota DPRD tahun 2009-2014 asal fraksi PKS ini menjelaskan kota Bekasi pernah mengalami masa keemasannya dalam dunia pendidikan sebagai kota dengan peringkat keempat se-Jawa Barat, namun kata dia hari ini kota Bekasi mengalami kemunduran dengan anjloknya nilai UN.

“Dulu Bekasi peringkat keempat se-Jabar. tahun ajaran ini terjadi penurunan nilai UN. Ini perlu dievaluasi. apakah persiapan UN, atau program dinas pendidikan menuju sukses UN-nya yang bermasalah. misalnya Try out. Kalau memang hasilnya kurang, bisa diperbaiki, sehingga nanti pas pelaksanaan UN, disdik punya program untuk meningkatkan prestasi anak pada nilai2 yang di-UN kan saja,” kata Sardi.

Namun kata dia, nampaknya selama ini Disdik abai. Banyak program yang tidak mengarah kepada prestasi malah mengarah kepada rutinitas program Disdik saja.

Saat disinggung apakah karena saat ini bertepatan momentumnya dengan agenda Pilkada serentak? Sardi mengatakan bisa jadi karena momen Pilkada. Di mana seharusnya Disdik tetap berkonsentrasi ke peserta didik namun karena Pilkada. semua semangat Pilkada.

“Misalnya ambil rapor pas sebelum Pilkada. Seharusnya, libur siswa sesuai kalender akademik dimanfaatkan untuk ambil rapor. maka nanti tidak ada urusan politik Pilkada dengan pendidikan. pendidikan harus berada pada rel sebenarnya,” tukasnya.

Kandidat Doktor program Manajemen Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, Jawa Barat ini berharap kepada walikota terpilih untuk segera mengevaluasi kinerja Kepala Disdik kota Bekasi untuk mencari Kadisdik yang punya kompetensi dan kapasitas bahkan prestasi di bidangnya, agar mutu pendidikan di kota Bekasi kembali bergairah dan maju.

“Kita meminta kepada Rahmat Effendi sebagai walikota terpilih mengevaluasi Disdik. Carilah kepala dinas yang punya prestasi,” pungkasnya. (Dns)

Be the first to comment on "Nilai UN Kota Bekasi Anjlok, Walikota Terpilih Harus Evaluasi Kadisdik"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*