Bisnis Vector: Peluang Usaha yang Asyik bagi Anak Muda

BEKASIMEDIA. COM – Bisnis karikatur/vector yang menggambarkan wajah seseorang melalui foto rupanya sedang banyak diminati oleh masyarakat khususnya para remaja di Indonesia.

Fahrul Nissa Novi Yanti (23) salah satu owner Gifuto yang beralamatkan di Villa Setia Mekar Blok B1 nomor 22, Desa Setia Mekar, Kec. Tambun selatan, kabupaten Bekasi yang juga mempunyai hobi fotografi dan desain menangkap momen ini sebagai peluang usaha sejak lama, bahkan telah menekuni bisnis ini sejak masih duduk di bangku kuliah.

“Awalnya saya belajar desain lewat aplikasi photoshop saja. Lama kelamaan saya memperdalam lagi ilmu desain dan menjadi sampingan untuk uang jajan akhirnya saya buka usaha vector. Persaingan vector sendiri sangat ketat, karena sudah banyak orang yang membuka usaha atau bisnis ini sebelum saya memulainya,” kata Novi saat ditemui, Jumat (10/8/2018).

Untuk sasaran pemasarannya sendiri Novi menargetkan kalangan pelajar dan mahasiswa. Karena banyaknya minat dari kalangan remaja. Harga yang ditawarkan sendiri mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 300 ribu. “Kalau masalah harga itu sendiri sudah paling murah, soalnya saya memasarkan ke pelajar dan mahasiswa supaya harganya terjangkau,” tambahnya.

Novi sendiri mengaku menggunakan kertas artcarton, ukurannya mulai dari 10R yang paling kecil dan 24R yang paling besar. Karikatur yang dibuat bisa satu orang, dua orang, lima orang bahkan sampai satu keluarga.

Untuk 1 wajah (foto) atau perorang dihargai Rp 10 ribu. Proses pembuatan karikatur sendiri mencapai 2 hari dan sudah di-packing. Sedangkan untuk pemasaran dan promosinya melalui media sosial Instagram.

“Orderan saya biasanya hanya di daerah Bekasi saja dan yang paling jauh sudah sampai Tangerang. Kalau untuk sekarang pemesanan vector di saya sedang meningkat. untuk orderan di bulan ini sedang banyak, karena banyak yang bikin untuk para orang wisuda. Pendapatan saya sebulan bisa mencapai Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta,” ujarnya.

Kedepannya, Novi ingin lebih serius di bidang usaha ini dan ingin mempunyai ruko atau kios sendiri.

“Insya Allah kalau memang ada rezeki ingin punya kios atau ruko untuk usaha saya, supaya tidak di rumah lagi. Selain usaha vector ingin membuka usaha yang lain seperti boneka, bunga dan lain lainnya sebagai kado wisuda,” pungkasnya. (CJ/YG)

Be the first to comment on "Bisnis Vector: Peluang Usaha yang Asyik bagi Anak Muda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*