Menu

Mode Gelap
Maju Jadi BCAD, Siti Mukhliso Berguru ke Anggota DPRD Pengumpul Suara Terbanyak Indomilk Gelar “Coffeepreneur” Figur Tokoh Reformasi Amien Rais Masih Jadi Pendulang Suara Partai Ummat Aji Ali Sahbana Sebut ‘Anies Effect’ Jadi Kunci Kemenangan Nasdem Kota Bekasi Di Pileg 2024 Ketua DPD Partai Nasdem Kota Bekasi Klaim Kadernya Solid, Sinyalir Ada Upaya Gembosi Partai

Kesehatan · 5 Des 2022 20:29 WIB ·

Lewati Pandemi Dengan Rutin Bayar Iuran JKN-KIS


 Lewati Pandemi Dengan Rutin Bayar Iuran JKN-KIS Perbesar

Narasumber : Malik

BEKASIMEDIA.COM, Jamkesnews – Sudah setahun berlalu, Bangsa Indonesia masih berjuang menghadapi pandemi, masyarakat terdampak semakin luas sehingga saat ini menjaga kebersihan dan kesehatan diharapkan menjadi budaya mendasar di seluruh lapisan masyarakat.
Perlunya menjaga kebersihan dan kesehatan untuk menghadapi berbagai penyakit dan virus yang terdapat dimana saja. Pola hidup sehat dan teratur menjadi kunci untuk bisa menghadapi pandemi, konsumsi makanan sehat dan olahraga teratur. Hal itulah yang menjadi pola hidup baru bagi Malik Maksudi (30), salah satu Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) saat ditemui Tim Jamkesnews pada Senin (15/03) di kediamannya.

“Sebagian masyarakat saat ini memang harus disadari tanpa paksaan untuk merubah pola hidupnya, bersyukurlah yang memang sejak dulu sudah menerapkan karena sudah terbiasa, namun bagi yang belum terbiasa memang harus dipaksa untuk merubah, demi kepentingan sendiri, keluarga dan orang lain. Saat ini bisa dikatakan masyarakat demam olahraga, dimana-mana kita lihat banyak masyarakat olahraga, kemudian banyak juga yang mulai menanam tanaman hidroponik ataupun tanaman hias di rumah, selain bisa dikonsumsi sendiri, bisa juga untuk menghibur diri karena setahun ini tidak bisa kemana”, jelasnya.

Malik yang merupakan Peserta Program JKN-KIS kelas 3 ini mengutarakan bahwa selain menerapkan pola hidup sehat, memiliki jaminan sosial sangat penting. Menurutnya jaminan sosial diperlukan ditengah pandemi dan keadaan ekonomi yang menurun ini, sehingga apabila membutuhkan pengobatan ataupun perawatan maka sudah terjamin sehingga bisa meminimalkan biaya yang timbul.

“Untungnya sudah terdaftar di JKN-KIS dan jaminan sosial lainnya, jadi apabila perusahaan mengalami gangguan, kita punya tabungan di jaminan sosial, dan juga kita sudah punya jaminan kesehatan, apabila sakit sudah terjamin sehingga kita tidak mengeluarkan biaya lagi, tidak menambah beban ekonomi, walaupun ada akan seminimal mungkin, mungkin hanya ongkos saja,” jelasnya.

Lanjut Malik walaupun dirinya selama pandemi ini belum pernah menggunakan kartu tersebut, namun dirinya merasa aman terjamin sehingga bisa produktif untuk memenuhi kebutuhan hidup lainnya. Dirinya juga mengingatkan agar masyarakat segera mendaftar dan juga bayar iuran, karena dimasa seperti ini tidak ada yang bisa menjamin ekonomi akan pulih secepatnya.

“Masyarakat kita seharusnya sudah banyak yang pintar untuk melindungi diri kedalam jaminan kesehatan, kondisi ekonomi yang belum stabil seperti ini akan lebih baik kita sudah terjamin urusan kesehatan sehingga kita tidak menambah beban ekonomi apabila sakit, dan juga bisa lebih produktif dalam sehari-hari, kan udah tenang sudah ada JKN-KIS,” tutupnya. (DA/pm)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Program JKN-KIS Merupakan Berkah Bagi Masyarakat

10 Desember 2022 - 05:01 WIB

Memasuki Era New Normal Pastikan Kartu JKN-KIS Aktif

7 Desember 2022 - 20:43 WIB

Program JKN-KIS, Cerminan Ruh Gotong Royong di Indonesia

6 Desember 2022 - 20:39 WIB

Menjadi Peserta JKN-KIS Sebagai Bentuk Proteksi Diri

6 Desember 2022 - 20:34 WIB

Ikut JKN-KIS Bisa Tingkatkan Produktivitas

4 Desember 2022 - 20:26 WIB

Lindungi Keluarga Dengan JKN-KIS

3 Desember 2022 - 20:19 WIB

Trending di Kesehatan